5 Bahan Aktif Skincare Best Seller di Tahun 2021

Halo Dears, tahun telah berlalu dan berganti tahun. Tak ada waktu yang lebih baik untuk memastikan produk perawatan untuk kulitmu dibuat dengan bahan yang trendy dan aman. PHA, Retinol, Tea Tree Oil dan Bakuchiol merupakan diantara bahan aktif skincare best seller di tahun 2021.

 

Kami ingin membantu kamu memperlajari bersama dengan opsi penting lainnya. dibawah ini kami merangkum 5 bahan perawatan kulit yang sedang tren tahun 2021 lalu sehingga kamu dapat memilih skincare yang sedang tren tahun ini.

 

TRENDING INGREDIENT #1: POLYHYDROXY ACIDS (PHA)

Ketika kamu memikirkan eksfoliator yang baik seperti AHA dan dan BHA pasti terlintas dalam pikiran. Kamu pasti belum mengenal asam polihidroksi (PHA), PHA merupakan kelompok baru asam hidroksi yang disebut sebagai sengerasi baru dari AHA yang popular di media social dan komunitas perawatan kulit.

 

Mirip dengan PHA dan BHA, PHA adalah eksfoliator kimia yang membantu mengelupaskan sel-sel mati dari permukaan kulit dalam upaya menghasilkan warna kulit yang merata dan lebih cerah. Meski AHA, BHA dan PHA memiliki kesamaan, bahan ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI), PHA menawarkan manfaat yang serupa dengan AHA namun lebih kecil kemungkinan untuk mengiritasi kulit. Maka dari itu PHA cocok untuk digunakan pasca prosedur dan kulit sensitif.

 

Dibandingkan dengan AHA, PHA lebih melembabkan dan membantu memperkuat fungsi penghalang kulit. Beberapa PHA yang paling popular adalah Glukonolakton dan asam laktobionat.

 

TRENDING INGREDIENT #2: RETINOL

Seperti yang kita tahu, Retinol telah ada sejak dahulu. Tapi itu tak mengubah fakta bahwa orang masih membutuhkan manfaat anti-aging. Dilihat dari historinya bahan aktif ini sebagai salah satu bahan terbaik untuk kulit, jadi tak heran banyak produk skincare yang mengandung bahan turunan vitamin A ini. Retinol membantu melawan tanda-tanda utama penuaan seperti kerutan dari dalam dan berfungsi untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Karena sifat Retinol yang kuat, perlu membangun toleransi kulit terhadap bahan tersebut. Mulailah selama minggu pertama dengan mengoleskan dua hingga tida tetes ke kuit yang bersih dan kering dua kali seminggu. Minggu kedua gunakan serum setiap malam. Setelah minggu ketiga kamu dapat beralih ke penggunaan retinol jika kulit kamu sudah terbiasa.

 

Retinol dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari, pastikan untuk penggunaannya pada malam hari dan sunscreen pada siang hari.

 

Baca Juga : Cara membuat Skincare dengan Modal Terjangkau

Manfaat Tea Tree Oil

TRENDING INGREDIENT #3: TEA TREE OIL

Jerawat adalah sesuatu yang ingin segera diselesaikan setiap Wanita. Masalah kulit yang umum ini, ternyata bisa diselesaikan oleh produk perawatan dengan bahan yang tren yang satu ini. Tea Tree Oil merupakan minyak pohon teh atau kerap disebut dengan minyak atsiri essential. Asalnya dari tanaman Melaleuca Alternifolia yang ada di benua tetangg kita yakni Australia. Jadi, bukan dari pohon teh untuk membuat minuman seperti yang ada di Indonesia dan kebanyakan negara Asia ya dears.

 

Manfaat utama dari tea tree oil adalah mengempiskan jerawat tanpa efek samping, membuka kelenjar minyak yang tersumbat, membersihkan minyak berlebih di wajah berjerawat, menenangkan pori-pori penyebab jerawat dan mengeringkan komedo & noda hitam akibat jerawat.

 

Bahan Aktif Skincare Best Seller

TRENDING INGREDIENT #4: BAKUCHIOL

Retinol sering dianggap sebagai superhero kulit multi-tugas, tetapi tidak dapat disangkal bahwa itu adalah bahan yang sangat kuat. Beberapa efek samping yang umum dapat mencakup kekeringan dan pengelupasan kulit, yang dapat membuatnya tidak dapat ditoleransi untuk beberapa jenis kulit sensitive menggunakan retinol.

 

Bahan yang cukup baru yakni bakuchiol dipercaya sebagai alternatif retinol yang lebih lembut. Namun bagian yang menarik dari bakuchiol adalah senyawa yang ditemukan dalam biji dan daun tanaman Psorelea Corylifolia tidak memiliki kemiripan structural dengan retinoid.

 

Meski begitu, studi NCBI dilakukan yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam munculnya garis dan kerutan, pigmentasi, elastisitas, kerusakan akibat sinar matahari dan banyak lagi setelah pengaplikasian dua kali sehari. Bakuchiol dapat digunakan untuk memberikan efek anti-aging yang mirip dengan Retinol.

 

TRENDING INGREDIENT #5: NIACINAMIDE

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang mungkin pernah kamu dengar. Apakah kamu akrab dengan bahan ini atau tidak. Bahan aktif ini menawarkan berbagai manfaat seperti mengencangkan dan punya sifat anti inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan dan memperbaiki skin barrier.

 

Bahan aktif ini juga dapat membantu memperlambat proses pembentukan melanin ke lapisan terluar kulit. Selain itu Niacinamide bisa digunakan pemilik kulit yang cenderung berminyak karena dapat menghambat produksi sebum berlebih.

 

Jadi itulah 5 bahan aktif skincare best seller di tahun 2021 yang mungkin saja akan masih tetap popular di tahun ini. Jika kamu ingin membuat skincare dengan bahan aktif ini, kamu bisa berkonsultasi dengan team support Madana.

 862 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar