Apa Yang Dimaksud Bahan Aktif Skincare?

Hai Dears, seberapa sering kamu mendengar bahan aktif dalam produk skincare mengingat banyak produk yang sering kita temui dalam produk sehari-hari. Mengingat banyak yang perlu diketahui soal produk perawatan kulit, formula dan bahan dalam kandungan skincare. Bagaimana mengetahui apakah suatu produk mengandung bahan aktif?.

 

Apa itu Bahan Aktif?

Istilah bahan aktif dalam skincare mengacu pada bahan kimia yang secara aktif bekerja mengatasi target masalah kulit tertentu seperti jerawat, pigmentasi atau garis-garis halus sehingga membuat perubahan yang amat terlihat di kulit.

 

Menurut hasil penelitian seorang dokter kulit di UCLA Medical Center, bahan aktif yang ada dalam skincare harus melalui tahap pengujian di laboratorium untuk mengubah kondisi kulit dengan cara tertentu.

 

Setiap bahan aktif dalam kesediaan skincare harus memiliki COA (Certifikat of Analys) untuk menjamin kualitas mutu dan keamanannya.

 

Seperti yang kita tahu, beberapa bahan aktif sudah terbukti secara ilmiah untuk kehebatannya pada kulit sehingga banyak produk kecantikan yang memasukkan beberapa bahan aktif agar sesuai dengan benefit yang diinginkan.

 

Berikut Ini beberapa Bahan Aktif Skincare yang paling populer dan aman digunakan dalam produk skincare :

 

Bahan Aktif Anti Acne

Bahan Aktif Skincare

Tea Tree Oil

Tea trea oil atau minyak pohon teh, ini juga dikenal dengan nama latin Australia Melaleuca Alternifolia yang punya banyak khasiat bagi tubuh khususnya untuk kecantikan wajah. Tea trea oil adalah pilihan popular yang mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasidan antimikroba yang dimiliki. Tea Trea Oil bisa membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat.

 

manfaat witch hazel

Witch Hazel Extract

Witch hazel merupakan genus tanaman berbunga di keluarga hammalideceae. Salah satu manfaat witch hazel yang paling popular yakni membantu menghilangkan jerawat yang membandel. Hal ini dikarenakan witch hazel memiliki sifat yang menguntungkan kulit berjerawat seperti meredakan kemerahan pada kulit dan membasmi bakteri penyebab dari pori-pori kulit.

 

manfaat centella asiatica

Centella Asiatica

Centella Asiatica atau lebih dikenal dengan daun pegangan ternyata punya segudang khasiat dan dinilai baik untuk produk kecantikan. Dalam centella asiatica, terdapat kandungan saponin, flavonoid, phenolic acid dan terpenoid yang bermanfaat baik untuk produk skincare anti-acne.

 

Bahan Aktif Brightening

Alpha Arbutin

Salah satu manfaat Alpha Arbutin yang paling terkenal adalah membuat kulit tampak lebih cerah. Manfaat ini berasal dari suatu agen yang dapat memperlambat produksi tyrosinase. Tyrosinase merupakan enzim yang terdapat dalam melanosit. Melanosit merupakan sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen yang semakin banyak membuat gelap warna kulit.

 

Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif dalam produk skincare yang paling banyak digunakan saat ini untuk mencerahkan kulit. Niacinamide bisa menyeimbangkan produksi minyak dan sebum, yang baik digunakan untuk kamu pemilik wajah berminyak dan berjerawat.

 

Actosome Whitenol

Actosome whitenol merupakan liposom unik untuk 4-n-butyresorcinol yang merupakan inhibitor tyrosinase terkuat sehingga memungkinkan untuk memberikan khasiat pencerahan kulit yang sangat baik.

 

Bahan Aktif Anti Aging

Collagen

Collagen lebih populer sebagai kandungan produk perawatan kulit. Collagen berfungsi untuk merangsang pembentukan jaraingan kulit baru, serta mempercepat proses menyembuhan luka sehingga kulit bisa cepat sembuh dari iritasi tanpa meninggalkan bekas.

 

Granzil Blur

Gransil blur merupakan nama dangang bukan nama ilmiah, juga salah satu bahan yang berfungsi baik sebagai anti aging dalam produk skincare. Bahan aktif ini merupakan susunan dari beberapa bahan aktif.

 

Vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi yang sangat penting untuk mendukung system imun dan membantu sel untuk beregenerasi. Ada banyak manfaat vitamin E untuk kulit wajah, salah satunya seperti hiperpigmentasi dan mencegah penuaan dini. Vitamin E adalah nutrisi yang kaya akan antioksidan, serta melancarkan peredaran darah. Itulah sebabnya setelah mengoleskan vitamin E, kulit akan terasa lebih kenyal dan menyamarkan kerutan.

 

Itulah beberapa contoh yang dimaksud bahan aktif skincare yang biasa digunakan oleh merek ternama di Indonesia. Sesuaikan kebutuhan bahan aktif dalam skincare yang akan kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulitmu.

 421 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar