5 Manfaat Centella Asiatica dalam Skincare Wajah

Berbicara masalah skincare tentu kamu sudah tak asing dengan bahan aktif yang satu ini nih dears, yakni Centella Asiatica. Di Indonesia, Centella Asiatica atau lebih dikenal dengan sebutan daun pegagan ternyata punya segudang khasiat dan dinilai sangat baik untuk kecantikan. Tak heran jika saat ini banyak produk perawatan wajah yang dibuat dengan menambahkan ekstrak tanaman ini.

 

Manfaat Centella Asiatica untuk Kecantikan dan Kesehatan kulit

Dalam Centella Asiatica terdapat kandungan saponin, flavonoid, phenolic acid dan terpenoid. Zat-zat inilah yang disinyalir bermanfaat bagi kulit. Nah, apa saja manfaatnya dears?.

 

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Ekstrak Centella Asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit, sehingga kelembapan dan elastisitas kulit dapat terjaga. Kandungan saponin dari tanaman ini mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis kulit.

 

Kulit yang terjaga kelembapannya akan lebih mudah terhindar dari masalah kulit, seperti kulit kusam, gatal dan keriput.

 

2. Mempercepat Penyembuhan Luka pada Kulit

Kandungan Terpenoid dalam Centella Asiatica terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, tanaman ini dapat digunakan pada luka bakar karena kandungan zat aktifnya dapat meningkatkan produksi kolagen, serta menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru.

 

Ekstrak tanaman ini terbukti membantu dalam pemulihan luka pasca operasi, luka robek dan luka pada penderita diabetes.

 

3. Mencegah dan Mengurangi Kerusakan Kulit

Centella Asiatica kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan phenolic acid. Antioksidan yang dihasilkan dari tanaman ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

 

Penuaan dini pada kulit ini dapat disebabkan oleh paparan langsung radiasi sinar ultraviolet matahari dan polutan seperti asap rokok dan asap kendaraan.

 

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan Kulit Wajah

 

4. Mencegah Stretch Marks dan Mengurangi Selulit

Selulit merupakan masalah penampilan yang sering diderita oleh orang yang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu cepat, missal seperti remaja yang sedang dalam masa pubertas atau Wanita hamil. Ekstrak Centella Asiatica dipercaya dapat mengurangi selulit jika dioleskan di area tubuh yang mengalami masalah ini.

 

Sementara itu, Centella Asiatica dapat digunakan untuk mencegah timbulnya stretch marks setelah masa kehamilan dan pubertas. Namun, bukti ilmiah menunjukan bahwa ekstrak tanaman ini kurang efektif dalam memudarkan stretch marks yang sudah terbentuk.

 

Jika tertarik menggunakan bahan aktif ini, kamu bisa memilih produk perawatan kulit dengan kadar ekstrak Centella Asiatica sebesar 2,5% hingga 5%. Namun, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan ekstrak tanaman ini, karena belum diketahui apakah kandungan di dalamnya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Jika ingin menggunakan produk yang mengandung Centella Asiatica, ibu hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

 

5. Mengurangi Peradangan

Selain membantu menjaga kelembapan kulit, saponin juga dapat memberikan perlindungan pada kulit dan meredakan iritasi dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan.

 

Berdasarkan hasil riset di laboratorium, efek Centella Asiatica tersebut membantu meringankan gejala penyakit kulit tertentu, seperti dermatitis, psoriasis, scleroderma dan eksim atopic. Efek penggunaan tanaman herbal ini sebagai obat untuk penyakit kulit pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

Perlu diingat juga, meskipun Centella Asiatica merupakan tanaman herbal, bukan berarti penggunaannya tidak akan menimbulkan efek samping. Efek samping Centella Asiatica bisa berupa iritasi dan rasa perih pada kulit, serta reaksi alergi pada orang-orang yang sensitive terhadap kandungan tanaman ini.

 

Apabila kamu mengalami keluhan pada kulit setelah penggunaan produk skincare yang mengandung Centella Asiatica, segera hentikan pemakaian dan  hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

 

Yuk konsultasikan konsep bisnis kosmetik & skincare kamu dengan support bisnis Madana. Make your produk & Formula Choice.

 320 total views,  2 views today

Tinggalkan komentar