Cara Membuat Skincare Sendiri untuk Dijual

Perkembangan dunia kecantikan berberapa tahun ini mengalami perkembangan pesat. Perkembangan teknologi yang kian maju mendorong indurstri skincare & kosmetik bergerak semakin maju. Saat ini siapa saja bisa membuat skincare sendiri termasuk kamu, walaupun tanpa pengetahuan tentang skincare sebelumnya.

 

Mungkin masih banyak  orang yang mengira, membuat brand skincare butuh modal yang besar & ilmu yang matang. Padahal nyatanya, melalui Madana kamu bisa mewujudkan skincare impian kamu dengan mudah dan terjangkau.

 

Persiapan membuat membuat skincare sendiri

1. Sedikit Paham Tentang Produk Skincare

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah gali informasi lebih lanjut mengenai produk skincare. Jenis apa yang rencananya ingin kamu buat, bahan baku seperti apa yang kamu inginkan, siapa segmentasi produk kamu dan seperti apa strategi marketingnya. Kami tulis “sedikit paham” untuk gambaran kamu dalam menentukan produk yang tepat. Selebihnya konsultasikan bersama Madana terkait konsep yang kamu inginkan & kami akan memberikan saran terbaik.

 

Buatlah manfaat dari produk kosmetik dan skincare yang kamu inginkan, lalu konsultasikan ke Madana untuk merealisasikannya. Jika kamu memiliki referensi produk kosmetik, jangan lupa dikirim untuk dilakukan riset.

 

2. Produk yang Ingin Dibuat

Banyak sekali jenis skincare yang beredar dipasaran dengan kegunaan dan kelebihan masing-masing. Menentukan skincare yang akan kamu buat adalah langkah awal yang harus dipikirkan dengan matang. Setelah menentukan produk, kamu juga harus menentukan kandungan yang ada dalam produk dan hasil seperti apa yang ingin kamu inginkan.

 

3. Konsep Produk Kamu dengan Baik

Selanjutnya kamu bisa konsultasikan konsep produk kepada tim professional kami, mulai dari bahan baku produk, cara pemakaian produk, manfaat produk dan lainnya. Banyak hal yang bisa di diskusikan bersama, kami siap bantu sepenuhnya ya. Selain produk yang baik, kamu juga perlu mengkonsep pengemasan yang baik pula. Mulai dari botol, stiker botol, inner box hingga carton box.

 

4. Daftar HKI dan BPOM

Sebelum atau setelah melakukan riset, kamu perlu mendaftarkan brand merek kamu di HKI. Ini merupakan tindakan agar brand merek kamu tidak digunakan oleh orang lain. Setelah brand terdaftar di HKI, kamu dapat mendaftarkan produk kamu ke Badan POM agar produk kamu legal dan tentunya menjadi value selling produk di mata customer. Orang cenderung akan membeli produk yang sudah aman dan terpercaya sebelum digunakan bukan?.

 

Tidak semua produk kosmetik dan skincare yang beredar di pasaran mengantongi izin BPOM, jadi ini bisa digunakan untuk menciptakan trush kepada pembeli.

 

Baca Juga : Berapa Biaya Maklon Kosmetik di Madana?

 

5. Desain dan Kemasan Produk

Desain dan kemasan menjadi penting, karena jika kemasan bagus dan menarik cenderung akan dibeli dan dipilih oleh customer Kamu. Pandangan Pertama bisa jadi penentu apakah orang akan beli atau tidak, jadi kemasan yang keren dan elegan mempunyai value lebih dibanding produk dengan kemasan biasa.

 

6. Uji LAB

oh iya dears, uji Lab jadi penting selain untuk keamanan produk setelah digunakan dan dijamin kelayakannya. Walaupun pihak pabrik kosmetik merasa sudah aman akan bahan bakunya, nyatanya Uji Lab dibutuhkan untuk lampiran pertanggung jawaban kepada pihak BPOM lho. Asal kalian tahu, untuk uji lab ini dilakukan oleh pihak ke-tiga atau pihak yang sudah bersertifikasi dan mempunyai lisensi dalam pengujian.

 

Karena menggunakan pihak ke-tiga maka nantinya akan dikenakan biaya yang wajib di keluarkan oleh pemilik brand kosmetik tersebut. Uji lab ini nantinya bisa kamu jadikan senjata untuk dalam penjualan produk kosmetikmu loh, karena akan lebih dapat dipercaya karena sudah diuji akan keamanan bahannya.

 

7. Proses Produksi

Proses produksi dilakukan kurang lebih 1 – 2 bulan atau bahkan bisa lebih cepat bergantung crowded atau enggaknya pabrik maklon tersebut ya. Sembari menunggu proses produksi selesai dan produk siap edar, alangkah baiknya jika kamu sudah menyiapkan segala kebutuhan pemasaran dan model bisnisnya ya.

 

8. Siap Edar (Produk Released)

Produk berstatus release berarti produk kosmetik dan skincare siap diedarkan secara bebas di pasaran. Produk yang kami (Madana) buat dijamin kelayakan, keamanan dan kualitasnya karena sudah melewati proses quality control terlebih dahulu.

 

Nah, itu dia cara membuat skincare sendiri hingga siap dijual secara luas dipasaran lebih aman dan terjamin mutunya. Jangan sekali-kali membuat produk kosmetik tanpa mengantongi legalitas BPOM yah, selain ditarik dipasar kamu juga dapat dikenakan sanksi tegas seperti hukuman pidana dan denda yang besar.

 

Buktikan sendiri kemudahan dalam membuat produk kosmetik dan skincare di Madana sekarang juga.

 680 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar