Mau Maklon Kosmetik? Ini Dia Syarat Maklon Kosmetik di Madana

Syarat maklon kosmetik jadi penting untuk kamu yang terpikir memulai Kerjasama dengan pihak pabrik maklon kosmetik. Keinginan memiliki brand kosmetik sendiri kini bukan sesuatu hal yang sulit. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi maklon kosmetik dari pabrik maklon kosmetik.

 

Maklon kosmetik merupakan pengerjaan produk kosmetik yang dilakukan oleh pihak lain (pihak lain disini adalah pabrik maklon kosmetik). Itu artinya kamu menguasakan seluruh proses produksi ke pabrik maklon.

 

Apa bisa bikin produk sendiri tanpa maklon?

Bisa, tapi kamu harus bangun pabrik dan mendapatkan lisensi CPKB ya. Loh kok begitu? Karena tidak semua orang bisa membuat kosmetik, hanya pabrik maklon kosmetik berlisensi CPKB (cara pembuatan kosmetik baik) yang bisa memproduksi kosmetik.

 

Sobat madana, syarat maklon sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan loh. Kamu bisa melihat alur maklon kosmetik nya terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi secara jelas. Selain itu sebenernya kamu juga bisa mendapatkan informasi secara jelas dengan chat team support maklon kosmetik.

 

Namun tak bisa dipungkiri sebelum memulai bisnis kosmetik, kamu harus mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan untuk memiliki brand kosmetik sendiri. Yuk cek dibawah ini :

  • Merek yang terdaftar di Ditjen HKI, ini dibuktikan dengan adanya sertifikat merek atau bukti pendaftaran merek. Ini bisa kamu daftarkan sendiri atau kamu serahkan ke pabrik maklon.
  • Menyiapkan BPOM.
  • Menyiapkan Dana untuk administrasi dan produksi.
  • Menyiapkan konsep produk kosmetik mulai dari formulasi dan kemasan.

 

Secara garis besar, syarat maklon kosmetik terbagi menjadi 4 poin diatas. Selebihnya untuk formulasi, pendaftaran, kemasan hingga produksi akan dikerjakan oleh pabrik maklon kosmetik. Untuk gambaran lebih lengkap mengenai 4 poin tersebut.

 

4 Syarat Maklon Kosmetik

 

Menyiapkan Merek

Syarat maklon paling awal adalah mendaftarkan merek dagang brand kosmetik kamu. Ini menjadi syarat utama untuk menggunakan jasa maklon kosmetik dan memang sebagai mandatory atau keharusan dari Badan POM. Merek menjadi penanda dan pembedan brand kamu dengan brand orang lain.

 

Merek adalah tanda yang ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, maupun susunan warna yang menbedakan dengan produk lain. Jangka waktu merek ini cukup Panjang loh sobat, yakni 10 tahun dan bisa diperpanjang untuk waktu 10 tahun maksimal 6 bulan sebelum jangka waktu kepemilikan merek berakhir.

 

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran sendiri, kamu harus menyiapkan berkas seperti surat Kuasa bermaterai (hanya jika diperlukan), NPWP, Foto copy KTP, Logo atau merek dan surat pernyaraan hak kepemilikan. Lalu daftarkan di merek.dgip.go.id.

 

Jika kamu tidak mau repot kamu dapat menghubungi tim support kami. Kami akan bantu daftarkan merekmu sesuai perminataan.

 

Menyiapkan BPOM

Syarat maklon kosmetik yang kedua adalah penyapan berkas atau dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran BPOM. Pendaftaran BPOM dapat dilakukan Ketika Merek dagangmu sudah keluar. BPOM harus didaftarkan oleh pabrik maklon kosmetik dan tidak bisa daftar sendiri.

 

Kenapa kok tidak bisa daftar BPOM sendiri?

Karena riset, penanggung jawab untuk pengajuan BPOM produk kosmetik hanya diberikan kepada pabrik kosmetik yang sudah berlisensi CPKB. Jadi kamu tidak bisa daftar BPOM produk kosmetik sendiri ya sobat.

Cek BPOM Disini

 

Setiap produk memiliki Notifikasi Badan POM sendiri sendiri dan tidak dapat digunakan untuk produk lain. Misal 1 produk masker ada 3 varian (Mugwort, Saffron dan goat milk) maka butuh 3 Notifikasi BPOM. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa kok konsultasi dulu ke kami.

 

Baca Juga : Berapa Biaya Maklon Kosmetik

 

Menyiapkan Dana

Kebutuhan finansial atau modal untuk maklon kosmetik adalah suatu kepastian. Tentu tanpa ada dukungan finansial, kamu tidak dapat maklon di pabrik maklon kosmetik untuk memformulasiklan produk yang kamu buat.

 

Secara garis besar, kebutuhan dana maklon kosmetik dibagi menjadi 2 aspek yakni : kebutuhan dana administrasi dan kebutuhan dana produksi. Namun untuk secara lengkap dana yang kamu butuhkan meliputi :

  1. Pendaftaran HAKI atau Merek (bisa ditempat kami atau kamu daftarkan sendiri)
  2. Riset Sample produk
  3. Pendaftaran BPOM (wajib di kami)
  4. Produksi Produk Kosmetik
  5. Kemasan Botol & Inner box (stiker dan dus)

 

Daftar list diatas sudah urut sesuai dengan prosedur maklon kosmetik. Untuk lebih lengkap kamu bisa mengkonsultasikan ke customer support madana.

 

Menyiapkan Konsep Produk

Syarat yang tidak kalah penting adalah menyiapkan konsep produk yang ingin dibuat. Konsep ini dapat meliputi formulasi produk, kemasan botol dan dasain kemasan. CV Madana Central Cosmetics siap membantu kamu dalam menyiapkan segala urusan maklon kosmetik mulai dari awal konsultasi hingga produk siap di pasarkan.

 

Kamu harus mencari referensi produk yang ada dipasaran dan dapat dijadikan sebagai produk acuan. Hal ini lumrah dilakukan untuk memberikan gambaran lebih lengkap mulai konsep produk yang akan dibuat.

 

Itu dia syarat-syarat maklon kosmetik dari Madana, Mudah bukan? CV. Madana Central Cosmetics siap membantu kamu dan kami telah berpengalaman dan percaya diri dibidang kosmetik dan skincare. Kami yakin, Bersama kami mimpimu memiliki brand kosmetik dan skincare sendiri dapat terwujud.

 439 total views,  1 views today

Satu pemikiran pada “Mau Maklon Kosmetik? Ini Dia Syarat Maklon Kosmetik di Madana”

Tinggalkan komentar