Ini Dia Cara Alami Hilangkan Komedo dengan Mudah

Komedo adalah salah satu jenis jerawat ringan yang biasanya timbul di wajah, bahu, punggung, lengan dan dada. Komedo dapat terjadi karena perubahan hormon yang disebabkan oleh purbertas, kehamilan, penggunaan pil KB, dan lainnya. Ada beberapa cara alami hilangkan komedo yang sudah diringkas Madana loh.

 

Berikut ini adalah berberapa tips cara alami hilangkan komedo secara mudah & aman.

1. Tea tree oil

Yang pertama adalah dengan Tea tree oil, fungsinya untuk hilangkan komedo dan minyak di kulit yang berakibat menghambat pori-pori sumber komedo. Tea tree oil mengandung anti-komedogenik yang dapat membantu hilangkan komedo.

Kamu bisa mengoleskan tea tree oil pada permukaan wajah, pijat secara lembut dengan tangan bersih. Untuk hasil yang lebih baik, bisa dicampur dengan minyak kelapa, minyak jojoba ataupun minyak zaitun.

 

2. Minyak kelapa

Memiliki fungsi sebagai pembersih wajah yang dapat penghilangkan polutan dan bahan makeup yang dapat menimbulkan komedo. kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang berkomedo. Tunggu berberapa saat hingga menyerap ke dalam kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa dua kali dalam sehari sampai komedo berkurang atau bahkan hilang.

 

3. Putih telur

Kandungan yang terdapat dalam putih telur memiliki manfaat mengencangkan kulit dan membantu hilangkan komedo. Dalam pengaplikasiannya kamu bisa mencampur putih telur dari tiga butir telur, dicampur dengan dua sendok air lemon. Selanjutnya oleskan menggunakan kuas lembut ke bagian kulit yang berkomedo, diamkan hingga mengering. Setelah itu oleskan lagi sebagai tahapan kedua, bilas dengan air hangat setelah dua puluh menit.

 

4. Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, menimbulkan penglupasan kulit dan menyejukkan kulit yang bermanfaat untuk hilangkan komedo. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur dua sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yogurt dan satu sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya oleskan ke kulit yang telah dilembabkan lalu diamkan selama lima belas menit.

 

Baca Juga : 7 Cara Memilih Skincare yang Baik untuk Kulit

 

5. Lemon

Lemon dapat membantu menyamarkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Disamping itu air lemon juga mencegah tanda atau bekas jerawat pada kulit.

Cara penggunaan lemon sangat sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada kulit berkomedo dan biarkan hingga kering. Selanjutnya cuci muka dengan air hangat, dan ulangi proses tersebut seminggu tiga kali hingga komedo hilang.

 

6. Gula

Cara alami menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan gula. Gula dapat menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Karena memiliki exfoliator alami yang bermanfaat hilangkan komedo.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan satu cangkir gula putih dengan tiga sendok makan minyak ramah kulit. Seperti minyak zaitun, minyak almond ataupun minyak jojoba.

Selanjutnya tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat, untuk hasil maksimal gunakan seminggu sekali untuk membantu penglupasan kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, dapat digunakan seminggu dua kali tanpa menunggu kering.

 

7. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibiotik untuk mencegah gangguan kulit. Memiliki manfaat mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori, sehingga menjadi bersih dan sehat. Kamu bisa mengoleskan lidah buaya pada daerah kulit berkomedo, diamkan selama lima belas menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk mencuci muka.

 

8. Madu

Madu bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembab, sehingga mencegah timbulnya komedo. Cara penggunaannya kamu cukup mengoleskan madu pada kulit berkomedo dan diamkan selama dua puluh menit. Selanjutnya bilas menggunakan air, dan gunakan secara teratur satu minggu sekali.

 

9. Stroberi

Cara alami basmi komedo yang terakhir adalah dengan buah stroberi. Stroberi mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Buah ini juga bisa menghilangkan komedo berkat kandungan asam salisilat yang ada didalamnya.

 

Nah, ini dia 9 cara yang sudah Madana tulis diatas, kamu pilih yang mana untuk menghilangkan komedo ? Semua tips diatas adalah bahan alami yang mudah didapatkan, kuncinya adalah rutin menggunakannya. Lama kelamaan komedo akan hilang dengan sendirinya.

 512 total views,  2 views today

Tinggalkan komentar