7 Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Saat ini penggunaan skincare sudah menjadi bagian dalam kehidupan, menjadi tren dan sebagai sarana untuk menjadikan kulit sehat di kemudian hari. Memilih skincare terbaik untuk kulit harus teliti, karena jika penggunaan tidak tepat bisa merusak kulit kamu loh. Berikut ini berberapa tips Memilih skincare sesuai jenis kulit terbaik yang sudah Madana ringkas secara khusus buat kamu!

 

1. Pilih sesuai jenis kulit

Biasanya setiap produsen skincare sudah mempunyai pengelompokka untuk jenis kulit tertentu. Jenis kulit normal umumnya kebutuhan skincare-nya lebih sederhana  tetapi juga harus dirawat dengan baik. untuk ukuran orang asia ada 5 jenis kulit, yang diantaranya :

  • Normal
  • Berminyak (Oily)
  • Kering (Dry)
  • Kombinasi (Combination)
  • Sensitif

Sedangkan kulit kombinasi biasanya menggunakan dua skincare yaitu untuk kulit kering dibagian kulit yang kering dan skincare kulit berminyak untuk bagian kulitmu yang berminyak.

 

2. Samakan dengan persoalan kulit

Tips memilih skincare yang kedua yaitu kamu harus menyesuaikan dengan permasalahan kulit yang timbul ya. Karena setiap orang punya permasalahan kulit yang berbeda-beda.

Sebagai contoh di kulit berminyak maupun kering, sama-sama memiliki potensi untuk timbul jerawat, formula atau bahan yang digunakan kedua jenis skincare untuk menghilangkan jerawat juga akan berbeda. Maka dari itu menyesuaikan permasalahan kulit adalah cara sederhana agar tidak salah memilih skincare.

 

3. Cek kandungan yang ada

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan jika tidak ada keterangan jelas tentang penggolongan produk skincare. Melihat kandungan produk juga dapat menghindari kamu dari reaksi alergi yang bisa saja terjadi.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, bisa menghindari produk skincare dengan jenis oil-based. Sementara untuk kamu yang memiliki kulit kering, disarankan untuk menghindari  produk dengan kandungan alkohol. Untuk kulit sensitif, kamu bisa menghindari produk dengan pewangi dan juga alkohol.

 

Baca Juga : Tips Memilih Maklon Kosmetik

 

4. Pilih yang mengandung sunscreen

Tips satu ini juga harus kamu perhatikan, pilihlah skincare dengan sunscreen karena mengandung perlindungan kulit terhadap sinar UV. Disarankan kamu memilih produk pelembab ber-SPF untuk menggunaan setiap hari. Perhatikan juga petunjuk penggunaannya karena sunscreen tidak dapat bertahan seharian.

 

5. Periksa izin BPOM

Cara mudah memilih skincare yang aman digunakan adalah dengan memeriksa izin BPOM yang tertera pada kemasan produk

Produk yang telah mengantongi izin BPOM bisa dipastikan aman dan baik digunakan, karena telah diuji kandungannya oleh BPOM. Hindari produk skincare yang belum memiliki izin BPOM, walaupun memang tidak semua skincare tanpa BPOM berbahaya, tetapi lebih baik untuk menghindarinya.

 

6. Cek tanggal kadaluarsa

Tips memilih skincare terbaik untuk kulit selanjutnya adalah periksa tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk. Rata-rata produk skincare memiliki masa kadaluarsa antara 6 hingga 12 bulan, bahkan ada yang sampai 24 bulan.

Skincare yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya jika digunakan, dapat memberikan efek samping jangka panjang pada kulit kamu loh! Misalnya kamu terlanjur membeli skincare tetapi tidak cocok, segera berikan kepada teman kamu. Untuk menghindari produk disimpan terlalu lama.

 

7. Perhatikan respon kulit

Tips terakhir adalah melihat respon kulit terhadap skincare yang kamu gunakan, karena hasilnya pasti akan berbeda-beda setiap orang.

Bila kamu memiliki jenis kulit kering, belum tentu semua skincare khusus kulit kering cocok dengan kulit kamu. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan reaksi yang timbul dari penggunaan skincare tersebut.

Biasanya reaksi skincare tidak bisa kita lihat secara langsung, berhasil atau tidaknya suatu skincare dapat kita ketahui dalam jangka waktu berminggu-minggu. Jangan mengharapkan hasil yang instan dalam penggunaan skincare. Karena banyak dari kita yang salah mengartikan dan akhirnya berganti-ganti produk skincare.

Asalkan produk tersebut tidak menimbulkan efek negatif saat digunakan, pakailah dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang diharapkan kedepannya.

 

Nah, itu tadi adalah 7 tips Memilih skincare sesuai jenis kulit kamu, semoga permasalah kulit kamu bisa segera terselesaikan ya!

 

Jasa Maklon Kosmetik

 683 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar