Makan Sehat Lima Sempurna? Simak Tips Mudah Ini

Saat ini banyak kita jumpai berbagai macam makanan, dari bahan alami hingga makanan instan dijual bebas dipasaran. Kita sebagai konsumen bisa mengaplikasikan budaya makan empat sehat lima sempurna untuk menunjang hidup sehat & bergizi.

 

Makan sehat lima sempurna diperlukan keteraturan dalam menjaga pola makan dengan makan tiga kali dalam sehari. Berikut Madana rangkumkan berberapa makanan yang termasuk makanan empat sehat lima sempurna untuk dikonsumsi sesuai dengan jam makan kamu.

 

1. Konsumsi protein dan makanan berserat untuk sarapan

Pertama untuk memulai makan sehat lima sempurna adalah mengawali pagi harimu dengan makanan yang mudah dicerna. Makan makanan berserat membantu menjaga pencernaan kamu. Setelah itu untuk memenuhi kebutuhan protein untuk sumber energi, bisa mengkonsumsi makanan berikut.

 

Telur

Sudah banyak diketahui bahwa telur mengandung banyak protein. Selain banyak protein, konsumsi telur saat pagi juga membantu perut untuk kenyang. Telur juga bermanfaat untuk  menjaga kadar gula dan insulin tetap stabil, serta mengurangi asupan kalori saat makan selanjutnya.

 

Roti gandum

Roti gandum adalah salah satu pilihan terbaik dalam memilih menu sarapan. makanan ini memiliki serat dan karbohidrat yang lebih tinggi daripada roti tawar.

 

Oatmeal

Terakhir untuk menu sarapan adalah oatmeal. Kandungan yang ada di dalam oatmeal membentuk lapisan pelindung yang bisa mencegah asam hydrochloric yang berbahaya untuk dinding perut. Selain itu oatmeal juga mengandung serat larut yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

 

Baca Juga : Cara Ampuh Diet Tanpa Olahraga

 

2. Makan siang dengan daging, karbohidrat dan sayur

Kembalikan stamina dan energi kamu yang hilang karena aktifitas dengan konsumsi daging, karbohidrat dan sayur seperti makanan dibawah ini.

 

Sup

Berisi sayur-sayuran yang berguna untuk tubuh, karena sup mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh. Sup juga mengandung kalori yang cukup, karena kalori di dalam tubuh akan menjadi lemak jika tidak terpakai.

 

Sayur/salad

Salad adalah salah satu makanan sehat yang layak dikonsumsi. Selain enak dan menyegarkan, salad juga memberikan energi di siang hari. Kamu juga bisa menambahkan berberapa bahan makanan lain sebagai “dressing” untuk menambah cita rasa. Salad yang mengandung protein berisi sayur, buah dan tuna.

 

Daging

Kandungan dalam daging sangat baik untuk pembakaran, dan memberikan oksigen bagi sistem organ tubuh. Maka dari itu daging sangat cocok dikonsumsi saat siang hari. Namun daging harus dimasak dengan benar untuk menjaga keseimbangan kandungan yang ada didalamnya.

 

3. Kurangi karbohidrat saat makan malam

Terakhir cara makan sehat lima sempurna adalah mengurangi karbohidrat. Saat malam hari aktifitas kamu relatif lebih sedikit dibandingkan siang hari. Kamu harus mengurangi asupan karbohidrat dan gula saat makan malam.

 

Tofu

Tofu bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh dan cocok jika kamu adalah vegetarian. Maka dari itu tofu bisa menjadi makanan sehat yang cocok dikonsumsi saat malam hari.

 

Keju

Keju mengandung kalsium yang dapat membantu menguatkan tulang, dengan konsumsi yang sewajarnya tidak akan membuat kamu gendut. Pilihlah keju dengan kandungan lemak yang rendah untuk menu tambahan makan malam.

Nah, itu tadi adalah berberapa rangkuman menu yang bisa ditambahkan ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Gimana, sudah tau kan menu apa saja yang cocok kamu makan setiap hari? Selamat mencoba! ^_^

 

 385 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar