Cara Merawat Gigi Berlubang

Ada banyak permasalahan kesehatan pada area mulut, salah satunya adalah gigi. Banyak dijumpai masalah gigi berlubang yang bisa membuat aktivitas kamu menjadi terhambat. Penyebab gigi berlubang adalah jaringan gigi berubah menjadi karies gigi. Untuk mengatasi ini, kamu hanya bisa pergi ke dokter untuk dilakukan penambalan. Nantinya dokter gigi akan mengambil dan membersihkan terlebih dahulu karies gigi, setelah itu baru akan ditambal.

 

Ada berberapa penyebab gigi berlubang salah satunya adalah jarang menggosok gigi, sehingga kuman dan bakteri dari sisa makanan dapat berkembang cepat dan menyebabkan gigi berlubang. Terlalu banyak konsumsi makanan & minuman manis hingga menyikat gigi yang salah juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang.

 

Untuk itu untuk menjaga kesehatan gigi, kamu harus tau cara merawat gigi berlubang agar nantinya dapat terhindar dari gigi berlubang. Dibawah ini adalah berberapa rangkuman cara merawat gigi berlubang menurut Madana.

 

1. Menghindari makanan yang merusak gigi

Makanan manis adalah salah satu penyebab gigi berlubang, untuk menghindarinya kamu harus mengurangi konsumsi makanan manis khususnya makanan dengan pemanis buatan. Karena makanan dengan kandungan gula dapat memancing bakteri dalam mulut dan merusak gigi.

 

Selain makanan manis, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung asam fitat juga menyebabkan gigi berlubang. Asam fitat dapat mencegah gigi menyerap mineral di makanan dan berakibat menurunnya kesehatan gigi. Maka dari itu hindari makanan dengan kandungan asal fitat tinggi seperti kacang almond, buncis, tahu, dll.

 

Selanjutnya jangan konsumsi makanan cepat saji dan minyak sayur terlalu banyak. Karena jjika dipanaskan akan berbahaya seperti minyak biji kapas, minyak jagung dan minyak kedelai. Serta terdapat kandungan Gliserin dalam makanan cepat saji yang dapat menghambat kalsium dalam pembentukan gigi.

 

2. Banyak konsumsi makanan dengan Vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk proses penyerapan kalsium. Selain itu adalah kandungan mineral yang penting untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi. Tanpa adanya vitamin D yang cukup akan menimbulkan gigi berlubang, akibat tubuh tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium.

Banyak makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan Salmon yang kaya akan vitamin D. Selain salmon ada juga herring, sarden dan tuna. Telur juga memiliki kandungan vitamin D meskipun tidak sebanyak ikan salmon. Konsumsi sebutir telur setiap hari sudah memenuhi 10 persen kebutuhan vitamin D kamu sehingga bagus untuk kesehatan gigi.

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah susu almond, jamur shiitake, udang, lobster, tahu & tempe fermentasi kedelai. Itu tadi adalah makanan yang mengandung vitamin D tinggi sehingga bisa menjadi salah satu cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar.

 

Baca juga : Peran Nanotech dalam Pembuatan Skincare

 

3. Banyak konsumsi makanan dengan nutrisi yang tinggi

Cara merawat gigi berlubang selanjutnya adalah dengan konsumsi vitamin dan mineral yang larut dari makanan bernutrisi. Untuk menjaga kesehatan gigi kamu bisa konsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, avokad dan minyak kelapa.

 

Konsumsi wortel, tidah hanya untuk kesehatan mata, wortel juga dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Konsumsi wortel dapat mengurangi resiko gigi berlubang.

 

Selain itu serat juga penting bagi kesehatan. Terjadi peningkatan air liur saat kamu mengunyah buah-buahan, fungsinya untuk melindungi rongga-rongga. Sayuran dengan daun hijau kaya akan vitamin A dan protein untuk menjaga gigi dan tulang tetap dalam kondisi baik.

 

Konsumsi keju juga baik untuk kesehatan gigi karena dibuat dari susu yang kaya akan protein dan kalsium. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi dan memperkuat lapisan terluar gigi atau biasa disebut enamel.

 

Hampir sama dengan keju, yougurt juga memiliki kalsium dan protein yang tinggi. Yougurt mengandung bakteri baik atau biasa disebut probiotik, untuk menjaga gusi tetap sehat.

 

4. Rajin ke dokter gigi

Tidak banyak orang menyadari seberapa pentingnya kesehatan gigi apalagi gigi sudah terlanjur berlubang. Hal paling mudah untuk menghindari penyakit gigi adalah dengan sikat gigi 2 kali sehari. Lebih baik bila menggosok gigi dilakukan saat sebelum tidur. Pemeriksaan gigi secara mandiri kepada dokter adalah salah satu hal yang penting sehingga dapat membuat kamu terhindar dari gigi berlubang.

 

Ya, itu tadi adalah berberapa cara merawat gigi berlubang yang dapat kamu terapkan dengan mudah di rumah. Semoga berhasil ya!

 

Jasa Maklon Kosmetik

 370 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar