Beragam Manfaat Activated Charcoal Bagi Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Belakangan ini kita sering membaca kata-kata ACTIVATED CHARCOAL pada sebuah produk kecantikan atau kesehatan. Beberapa publik belum begitu paham apa itu activated charcoal. Kita simak informasinya yuk, activated charcoal, si beragam manfaat.

 

Activated charcoal atau arang aktif adalah serbuk bubuk hitam halus yang dihasilkan dari  arang tulang, tempurung kelapa atau bisa juga dari biji zaitun. Diproses dengan cara dipanaskan dengan cara mengembangkan banyak ruang kecil atau pori-pori di dalamnya sehingga mengubah struktur internalnya. Activated charcoal ini biasanya juga disebut karbon aktif.

 

Ada banyak manfaat activated charcoal untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa diantaranya adalah

 

Sebagai pemutih gigi

Arang aktif diklaim dapat berfungsi sebagai penyerap plak yang baik dan zat lain yang dapat menimmbulkan noda di gigi

 

Sebagai penyerap racun

Arang aktif akan mengikat racun dan zat kimia lainnya seperti merkuri dan pestisida yang masuk ke dalam tubuh. Arang aktif tidak dapat dicerna oleh tubuh, maka setelah arang aktif melakukan tugasnya sebagai pengikat racun, arang aktif akan keluar melalui feses. Meskipun begitu, tidak semua racun bisa diatasi dengan activated charcoal, beberapa kasus diantaranya adalah keracunan alkohol, sianida, lithium dan besi.

 

Baca Juga : Peran Nanotech Dalam Pembuatan Skincare

 

Mengusir bau badan

Bagi kecantikan, arang aktif dapat sebagai penyerap bau badan dan nafas tidak sedap yang disebabkan masalah pembungan racun dan toksin dalam tubuh. Bagi yang merasa mengalami masalah ini, tidak ada salahnya mencoba memulai mengkonsumsi pil arang aktif dan imbangi dengan minum air putih sesuai kebutuhan dalam sehari-hari. Bisa juga menggunakan deodorant yang mengandung activated charcoal untuk digunakan di ketiak guna mengurangi bau badan.

 

Mencegah penuaan dini

Gunakan sabun wajah yang mengandung activated charcoal agar wajah tidak terlihat kusam, tua dan lelah. Kandungan activated charcoal akan membantu menghilangkan kerutan dan garis halus pada wajah sehingga dapat mencegah penuaan dini.

 

Pereda perut kembung

Mengkonsumsi obat yang mengandung arang aktif dengan dosis yang benar, maka gas-gas berlebih dalam perut akan terus berkurang sehingga perut terasa lega.

 

Itulah beberapa manfaat activated charcoal atau arang aktif untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa meskipun jarang terjadi, beberapa reaksi setelah menggunakan atau mengkonsumsi arang aktif tidak selalu mulus, seperti mual dan muntah.

 

Maka sebaiknya, sebelum mengkonsumsi atau menggunakan ativated charcoal atau arang aktif ada baiknya konsultasikan dahulu ke dokter. Itulah beragam manfaat activated charcoal yang bisa Madana sampaikan pada kalian semoga bermanfaat.

 779 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar