Kenapa Pria Butuh Skincare?

Seringkali skincare dihubungkan dengan wanita saja. Sebenarnya, pria pun butuh skincare. Tujuan memakai skincare baik bagi wanita maupun pria sejatinya sama saja yaitu untuk merawat wajah dan tubuh agar tetap bersih dan sehat. Terlebih lagi, kegiatan pria lebih banyak dibanding wanita.

 

Keuntungan dari merawat kulit dengan skincare sebenarnya tidak hanya kita saja yang rasakan. Tetapi juga untuk orang lain. Apabila kita sedang berinteraksi dengan orang lain, maka yang akan dilihat adalah penampilan kita dulu. Jika kita terlihat bersih, terlihat sehat, rapi dan good looking maka orang akan nyaman berinteraksi dengan kita.

 

Sebaliknya, apabila wajah atau tubuh kita kotor, terlihat tidak pernah dirawat, orang juga pasti akan tidak nyaman berinteraksi dengan kita. Dengan merawat kulit wajah dan tubuh kita akan menunjukkan bahwa seseorang bisa rapi dan merawat diri.

 

Nah, di artikel Madana kali ini akan membahas tentang Kenapa Pria Butuh Skincare?

1. Kulit pria mengandung hormon testosteron

Sudah tahu belum, kalau ternyata kulit pria lebih banyak menghasilkan minyak daripada kulit wanita? Ya! Hal ini disebabkan karena pria mempunyai hormon testosteron. Inilah yang menyebabkan laki-laki rentan dengan masalah kulit, terutama jerawat.

 

Maka dari itu, penting sekali bagi pria juga menggunakan skincare untuk merawat kulit wajah dan tubuhnya. Tak jarang, skincare untuk pria lebih spesifik diproduksi daripada skincare untuk wanita.

 

Baca Juga : Manfaat witch hazel untuk Kesehatan & Kecantikan

 

2. Kulit laki-laki mempunyai pori-pori yang lebih besar daripada kulit wanita.

Ini mengapa kulit pria juga lebih rentan mengalami penumpukkan kotoran. Kotoran yang menumpuk diwajah, terutama, jika tidak dibersihkan akan menjadi komedo.

 

3. Iritasi setelah mencukur jenggot.

Dalam aktivitas mencukur jenggotpun juga perlu diperhatikan. Mencukur jenggot tak jarang bisa mengakibatkan ruam, bahkan luka bakar dan juga iritasi. Mencukur jenggot otomatis mengurangi lapisan kulit. Pria sebaiknya juga menggunakan moisturizer untuk menenangkan, mengembalikan dan melembapkan kulit bekas mencukur jenggot.

 

Sedikit tips untuk cara perawatan yang bisa pria lakukan adalah :

  • Gunakan pelembap (moisturizer) yang bertekstur ringan. Moisturizer berfungsi untuk mencegah kulit pecah-pecah, gatal, kering dan kusam.
  • Gunakan tabir surya sebagai pelindung dari paparan sinar matahari. Tabir surya berguna untuk mencegah timbulnya garis halus, keriput dan noda hitam.
  • Bersihkan wajah setiap hari untuk menhilangkan keringat dan kotoran akibat polusi pada wajah. Dengan begitu, pori-pori wajah tidak akan tertutup.
  • Gunakan scrub dan cream mata. Paling tidak, gunakan produk scrub 1-2 minggu sekali agar sel kulit mati dan infeksi yang muncul bisa terangkat. Sedangkan krim mata bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, garis, dan kerutan di sekitar mata akibat kelelahan dengan aktivitas sehari-hari.

 

Nah, itu tadi alasan kenapa pria butuh skincare serta sedikit tips untuk cara perawatan menggunakan skincare yang bisa pria lakukan. Dimanapun kita berada, baiknya kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ya. Salah satunya dengan menggunakan skincare.

 431 total views,  2 views today

Tinggalkan komentar