Manfaat witch hazel untuk Kesehatan & Kecantikan

Kali ini, Madana akan membahas manfaat witch hazel. Witch hazel adalah nama sebuah tanaman yang dipercaya memiliki khasiat medis, khususnya bagi kulit wajah dan tubuh. Tanaman yang mempunyai nama latin Hamamelis virginiana ini tumbuh subur di Amerika Utara dan Jepang. Beberapa skincare telah menggunakan witch hazel untuk bahan dasar bahkan bahan utama dalam pembuatannya.

 

Dalam dunia skincare, witch hazel biasanya menjadi bahan utama dalam pembuatan toner. Toner yang mengandung witch hazel terbukti ampuh memerangi masalah kulit wajah, khususnya jerawat dan luka bakar. Nah, apa saja sih manfaat witch hazel? Yuk, simak informasinya dibawah ini :

 

1. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respon imun normal gunanya untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Tetapi, apabila peradangan sudah kronis bisa menjadi sumber dalam perkembangan beberapa penyakit tertentu. Beberapa kandungan yang ada dalam witch hazel sendiri adalah :

  • sifat anti-flimasi yang kuat dari kandungan senyawanya, termasuk asam galat dan tanin.
  • antioksidan untuk membantu mencegah peradangan meluas dan menetralisir radikal bebas.

 

Radikal bebas merupakan senyawa penyebab penyakit yang dapat menumpuk di tubuhmu. Dalam masalah ini, witch hazel berfungsi mengurangi masalah terkait peradangan seperti jerawat, eksim atau psoriasis. Dengan menggunakan skincare yang mengandung witch hazel akan membantu mengurangi masalah peradangan pada kulit anda.

 

Baca Juga : Tips Menjaga Imunitas Tubuh agar Kuat & Anti Tumbang

 

2. Mengecilkan pori-pori

Mengecilkan pori-proi juga bisa memakai witch hazel. Aktivitas yang padat diluar ruangan membuat wajah kita terkena kotoran, debu dan juga polusi. Inilah penyebab pori-pori wajah membesar. Pori-pori membesar adalah salah satu tanda-tanda penuaan. Maka dari itu pakailah toner yang mengandung witch hazel untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas agar kulit selalu kencang.

 

3. Mengatasi jerawat

Witch hazel juga dapat bertindak sebagai astringent, zat yang mampu menyusutkan jaringan. Dengan begitu, witch hazel berpotensi untuk mengeringkan noda jerawat di wajah. Witch hazel sudah terbukti banyak digunakan untuk memerangi jerawat karena peradangan, seperti pustula, maupun yang bukan peradangan seperti komedo hitam.  Witch hazel juga memiliki kandungan tanin yang berguna sebagai molekul antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

4. Menangani luka bakar pada kulit kepala

Scalp burn atau sensasi terbakar yang dialami kulit kepala bisa diatasi menggunakn witch hazel. Sensasi terbakar tersebut dapat disebabkan oleh senyawa kimia, seperti contohnya tidak cocok menggunakan shampoo, ataupun terlalu lama terkena sinar matahari. Anda dapat langsung mengoleskan witch hazel ke kulit kepala saat mandi atau mencampurkannya dengan shampoo .

 

Nah, semoga informasi tentang manfaat witch hazel diatas membantu ya.

 748 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar