Kenali 5 Jenis dan Manfaat Zat Aktif Pada Skincare

Belakangan ini kita sering dengar produk skincare bermunculan. Pembuatan skincare biasanya didasari dengan formulasi untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Nah, dalam hal ini, skincare dibuat dengan beberapa jenis dan manfaat zat aktif sesuai kebutuhan masalah kulit. berikut 5 Jenis dan Manfaat Zat Aktif Pada Skincare.

 

Tentunya zat aktif yang digunakan untuk bahan dasar sebuah skincare sudah melalui penelitian. Maka dari itu setelah kita memakai rangkaian skincare tersebut, kita akan merasakan manfaatnya untuk kulit kita.  Dengan bahan zak aktif, skincare mempunyai manfaat bagi kulit.

 

Madana kasih tahu , manfaat zat aktif pada skincare adalah :

1. AHA

Alpha Hydroxy Acids atau yang sering kita kenal dengan AHA ini  punya molekul yang sangat kecil sehingga cepat meresap. Fungsinya adalah mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membantu mengurangi komedo dan jerawat, serta menipiskan pigmentasi. AHA dikategorikan dalam kelompok jenis asam alami yang dapat ditemukan dalam makanan dan tanaman.

 

Beberapa manfaat dari AHA bagi kecantikan untuk mengurangi efek penuaan adalah mengurangi garis-garis halus, mengencangkan kulit, mengurangi bekas jerawat, juga mnegcilkan pori-pori.as jerawat, dan menghaluskan kulit. Kandungan AHA ini biasanya bisa tekui di dalam facial wash, tonermoisturizer, hingga peeling.

 

2. BHA

Beta Hydroxy Acid (BHA)  merupakan kandungan senyawa kimia yang digunakan pada produk skincare kecantikan perihal mengangkat sel-sel kulit mati atau biasa disebut eksfoliasi. Lalu, apa bedanya dengan bahan aktif AHA? Kedua bahan aktif baik AHA dan BHA sama-sama bisa digunakan untuk proses eksfoliasi. Bedanya hanya untuk kandungan AHA dapat larut dengan air, tetapi untuk kandungan BHA bisa larut dengan minyak. Jadi BHA sangat ampuh untuk mengatasi jerawat.

 

Itulah kenapa, skincare yang memiliki bahan aktif BHA sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Kandungan bahan aktif BHA berfungsi sebagai anti peradangan dan anti bakteri karenanya, beberapa produk skincare berbahan BHA untuk mengatasi jerawat dan komedo.

 

Baca Juga : Manfaat Retinol dalam Skincare untuk Wajah

 

3. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid adalah kandungan zat aktif untuk menahan air pada kulit yang menghasilkan kulit akan terasa lembap. Jika kulit terjaga kelembapannya, maka kulit akan terhidrasi dan kenyal. Tetapi hyaluronic acid juga lama-kelamaan akan berkurang seiring bertambahnya usia.

 

4. Niacinamide

Niacinamide atau vitamin B3 sangat bermanfaat bagi kulit. Beberapa manfaat niacinamide adalah

  • Mencerahkan kulit
  • Melembapkan kulit
  • Menyamarkan noda halus, keriput dan noda hitam
  • Sebagai pelindung kulit dari terpaparnya sinar matahari
  • Mengobati jerawat

 

5. Retinol

Kandungan retinol dalam skincare sebagai zat aktif yang bermanfaat sebagai vitamin A. Retinol dipercaya sangat powerfull untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Diantaranya, mencegah tanda-tanda penuaan dan mengobati jerawat. Dengan pemakain rutin skincare yang mengandung retinol bisa membuat wajahmu menjadi lebih cerah, halus, dan kencang.

 

Nah, ladies. Itu tadi beberapa jenis dan manfaat zat aktif pada skincare. Baiknya sebelum pemakaian skincare, pahami dulu kebutuhan kulit dan masalahnya. Karena skincare tidak melulu dibutuhkan untuk mempercantik saja. Keseimbangan penggunaan skincare harus setara, antara untuk kecantikan dan kesehatan.

 

Karena percuma saja kulit cantik tapi tidak sehat. Selain itu juga konsultasikan ke ahlinya agar kamu paham jenis kulitmu dan menggunakan skincare dengan tepat.

 650 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar