Ingin Memulai Bisnis Kosmetik dan Skincare dengan Brand Sendiri? Ini Tipsnya!

Hai Dears, sudah jadi bawaan lahir setiap perempuan untuk tampil mempesona setiap saat. Ini menjadikan produk kecantikan khususnya skincare & kosmetik menjadi kebutuhan utama kaum hawa sejak dahulu hingga kini. Melihat adanya peluang ini membuat banyak pebisnis tertarik untuk menggelutinya lho dears. Ada cara Memulai Bisnis Kosmetik yang tepat.

 

Bisnis kosmetik dan skincare cukup menjanjikan dan memiliki pertumbuhan yang bagus dari tahun ke tahun. Inilah yang membuat mimin membagikan tips memulai bisnis kosmetik dengan brand kamu sendiri tentunya. Yuk tetap simak konten kami sampai selesai ya.

 

Prospek Bisnis Kosmetik di Indonesia

Tak bisa dipungkiri, bisnis kosmetik & skincare merupakan bisnis yang menjanjikan. Karena perawatan wajah menjadi kebutuhan pokok dan investasi kecantikan di masa mendatang. Seorang Wanita rela merogoh kocek dalam – dalam untuk memiliki penampilan yang cantik, bersih dan menarik.

 

Karena kosmetik dan skincare menjadi kebutuhan utama Wanita dan beberapa penelitian mengatakan bahwa permintaan produk kecantikan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya.

 

Dikutip dari kementrian perindustrian (kemenperin) mencatat, industry kosmetik nasional mengalami pertumbuhan sebesar 20% pada tahun 2018 atau empat kali lipat dari pertumbuhan nasional. Adanya potensi besar ini tak heran banyak pebisnis yang antusias dan akhirnya muncul banyak brand kosmetik local.

 

Nyatanya semua brand local belum mencukupi kebutuhan kosmetik & skincare seluruh masyarakat di Indonesia. Banyak pebisnis yang bekerjasama dengan jasa perusahaan kosmetik untuk memproduksi kosmetik dan skincare menggunakan nama brand mereka sendiri.

 

Keberadaan perusahaan OEM (original equipment manufacturing) atau lebih dikenal perusahaan jasa maklon kosmetik menjadi solusi tepat untuk orang awam yang tidak memiliki modal besar untuk membuka bisnis kosmetik dan skincare.

 

Adanya perusahaan maklon kosmetik memudahkan pemula untuk membuat bisnis kosmetik & skincare dengan brand kosmetik sendiri. Kamu bisa membuat produk kosmetik sesuai dengan permitaan dan konsep produkmu sendiri. Perusahaan jasa tersebut salah satunya kami, Madana Central Cosmetics.

 

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Brand Sendiri

Tren kosmetik sudah mulai berkembang khususnya di Indonesia sejak 2008 hingga saat ini. Terbukti dari temuan data google trend dari tahun ke tahun skincare selalu mengalami peningkatan. Ini juga berbanding lurus dengan kenyataannya yang dimana setiap Wanita sudah mulai menggunakan routine skincare untuk hasil maksimal.

 

1. Mengetahui Tren yang Ada

Selama orang butuh cantik dan bersih, maka bisnis kosmetik dan skincare akan tetap sustainable. Sebelum terjun ke bisnis ini, ada baiknya kamu melakukan riset pasar untuk produk apa yang nantinya akan laku di pasaran. Trend produk kecantikan juga rutin mengalami perubahan setiap waktu.

 

Mari kita amati kurun waktu tiga tahun terakhir. Sejak meledaknya gelombang Korean Wave atau Hallyu, trend kecantikan mendadak mengikuti gaya-gaya ala korea yang serba glowing. Namun kinit ren mulai bergeser menjadi gaya look natural karena menyadari kulit orang asia berbeda dengan orang Korea.

 

2. Pemilihan Bahan

Langkah kedua adalah mengetahui pemilihan bahan yang berkualitas dan dibutuhkan pasar. Pemilihan ini gunanya selain mengetahui trend yang ada juga untuk memperkuat penjualan kamu lho dears. Karena dengan produk skincare yang bagus dan mudah diterima pasar, akhirnya penjualan kamu meledak deh.

 

Jika kamu ingin mencerahkan kuli, kamu bisa menggunakan bahan aktif brightening seperti vitamin C, Niacinamide, Kijic Acid dan bahan aktif lainnya. Begitu halnya jika ingin mengangkat produk untuk mengatasi jerawat kamu dapat menggunakan tea tree oil, salicylic acid, glucolic acid dan bahan aktif lain.

 

Jadi lebih bijak ya dears untuk pemilihan bahan dan tentunya disesuaikan dengan target pasar yang akan kamu masuki.

 

3. Mempersiapkan Modal

Selain memiliki produk yang bagus, kamu tentu juga harus menyiapkan modal untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand kamu sendiri. Kebutuhan modal ini seperti untuk Riset sample, Uji Lab, HKI, BPOM, kemasan dan produksi.

 

Untuk besaran modal dapat kamu tanyakan ke support bisnis. Biasanya akan ditentukan dari jenis skincare dan minim order quantity (MOQ). Misal kamu akan membuat bar soap, maka kamu perlu modal 17,5 jt dengan biaya total dan produksinya.

 

4. Perizinan

Jangan sekali-kali mengambil resiko untuk tidak melegalkan produk kosmetik dan skincaremu ya dears. Selain kena denda kamu juga bisa kena pidana loh, karena ini akan bermasalah dengan hukum. Selain itu, produk legal akan lebih menjual karena dirasa aman dan dapat dipertanggung jawabkan kredibilitas produknya.

 

Perijinan yang diperlukan untuk produk skincare adalah HKI, BPOM dan Halal MUI. Namun sebenarnya tanpa Halal MUI kamu bisa berjualan karena Halal MUI hanya digunakan untuk orang dan aliran tertentu yang ingin menggunakan produk halal. Untuk mengetahui legalitas produk dapat di lihat dari nomor NA BPOM. eits, tapi jangan lupa cek di BPOM ya untuk mengetahui benar terdaftar atau tidak.

 

5. Menentukan Cara Menjual Produk

Kamu harus memikirkan cara menjual produk jauh sebelum produk dibual loh dears. Ini karena berhubung dengan goal akhir kamu yakni penjualan bukan?. Kamu bisa menentukan channel mana yang akan kamu gunakan, misal di channel offline adalah membuka toko kosmetik dan skincare.

 

Selain channel offline kamu bisa menggunakan channel online seperti ecommerce, toko online, social media dan media online lainnya.

 

6. Melakukan Promosi

Pada bisnis apapun, pemasaran adalah ujung tombak bagi kelangsungan sebuah bisnis. Sebagus apapun produk yang kamu jual, tidak akan membuahkan hasil jika aktivitas pemasaran berjalan buruk.

 

Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk melakukan promosi dengan maksimal. Tinggalkan sikap malas upload produk, membuat konten dan konsisten di berbagai channel.

 

Bisnis kosmetik dan skincare adalah bisnis yang menjanjikan. Kebutuhan pasar dan permintaan yang stabil jadi alasan mengapa bisnis ini sangat prospektif.

 

Mau bisnis ini, yuk konsultasi dengan support business Madana untuk partner bisnis yang lebih baik dan membantu kamu dalam membuat produk bagus dan aman sehingga kamu bisa fokus jualan.

 

Madana Central Cosmetics

Your Business Pertner

 412 total views,  2 views today

Tinggalkan komentar