Bagaimana Mengembalikan Kulit Rusak Karena Sinar Matahari

Mengembalikan Kulit Rusak – Halo Sobat Madana, Sinar UV adalah penyebab utama penuaan dini atau sering disebut kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kerusakan karena sinar matahari sering terjadi Ketika kulit terpapar sinar UV matahari secara berlebihan. Sinar UV dapat menembus kulit bahkan dilapisan terdalam dan menyebabkan perubahan DNA pada tingkat sell ho.

 

Sinar UV dapat berdampak negative pada penuaan kulit dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kanker. Namun beberapa orang tak sadar akan hal tersebut, mereka berpikir tak akan mengalami kerusakan kulit akibat paparan matahari. Secara kasat mata mungkin terlihat sempurna, namun ketika diperiksa dokter kulit melalui fotografi UV hasilnya mengejutkan.

 

Hal itu karena ada banyak tanda sebelum benar-benar muncul di permukaan kulit sepenuhnya. Butuh waktu bertahun-tahun agar kerusakan kulit akibat sinar matahari terlihat karena sinar UV merusak sel-sel kulit.

 

Kerusakan akibat sinar matahari termasuk bintik-bintik coklat, kerutan, garis-garis halus, hilangnya elastisitas dan warna tekstur kulit tidak merata. Jika kamu mulai mengalami gejala ini, tak perlu khawatir, kamu masih bisa memperbaiki dan mengembalikan kulit rusak karena sinar matahari.

 

Mengembalikan Kulit Rusak Karena Sinar Matahari

 

Rutin Menggunakan Vitamin C

Salah satu cara memerangi efek berbahaya dari sinar UV adalah dengan menggunakan produk skincare atau perawatan kulit yang memiliki kandungan antioksidan seperti Vitamin C. Salah satu pilihannya, Kamu bisa menggunakan serum Vitamin C.

 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu memerangi pembentukan hiperpigmentasi, garis-garis halus dan kerutan yang disebabkan sinar UV (ultraviolet). Sifat restorative asam L-askrobat (versi aktif Vitamin C) berkontribusi dalam percepatan produksi kolagen dan elastin pada kulit.

 

Seperti yang kita tahu, kolagen dan elastin bertanggung jawab untuk menjaga kulit tampak sehat dan awet muda. Jadi dengan menerapkan vitamin C akan merevitalisasi kulitmu perlahan-lahan dan membalikan efek kerusakan akibat sinar matahari.

 

Baca Juga : Ini Dia! Jenis Serum Wajah untuk Rutinitas Skincare

 

Jangan Takut dengan Retinol

Bahan lain yang dapat bekerja dengan baik untuk kulit rusak akibat sinar matahari adalah Retinol. Retinol dianggap sebagai standar dalam perawatan kulit dari penuaan atau anti aging.

 

Penggunaan retinol secara rutin dapat membantu mengembalikan tekstur kulit yang rusak akibat sinar matahari, mempercepat pergantian sel kulit dan mengatasi noda dan warna kulit yang tidak merata. Selain itu, retinol juga membentu merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit yang hilang akibat kerusakan karena radiasi UV.

 

Gunakan Tabir Surya

Ada pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati, seperti halnya masalah kulit rusak karena sinar UV. Rajin menggunakan tabir surya tak peduli Ketika hari sedang mendung, di dalam ruangan, cerah atau diluar ruangan. Gunakan SPF dengan minimal 30 dan SPF lebih dari 30 untuk kamu yang akan beraktifiitas lama di luar ruangan.

 

Aplikasikan penggunaan SPF pada wajah, leher, kedua tangan dan masing-masing kaki atau gunakan sesuai kebutuhanmu. Untuk hasil maksimal, meski sudah menggunakan tabir surya alangkah lebih baiknya gunakan pakaian tertutup dan selalu cari tempat teduh ya.

 

Rajin Mengelupas Sel Kulit Mati

Menggunakan bahan kimia seperti AHA merupakan cara paling ringan untuk eksfoliasi sehingga bisa kamu gunakan dalam rutinitas harian. Sementara eksfoliasi secara fisik dapat dengan butiran scrub harus dilakukan paling tidak seminggu sekali.

 

Mengelupas sel kulit mati atau eksfoliasi akan meluruhkan sel kulit mati sehingga perawatan kulit mu bisa terserap dengan baik. Menghilangkan sel kulit mati akan mengekspos sel kulit yang baru dan sehat. Jadi pastikan kamu melindunginya dari paparan sinar matahari.

 

Jaga Kelembaban Kulit

Melembabkan kulit merupakan salah satu hal yang paling tidak bisa dilewatkan selain penggunaan tabir surya. Pasalnya kelembaban kulit wajib dijaga agar tetap sehat dan mengurangi tampilan garis halus dan keriput pada wajah.

 

Sinar matahari yang berlebih akan menghilangkan kelembaban kulit. Jadi, sebelum menggunakan tabir surya pastikan kamu menggunakan pelembab dahulu. Selain penggunaan skincare pelembab kulit, kamu juga bisa melembabkan dari dalam dengan minum air cukup dan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti melon dan semangka.

 

Nah itu sobat beberapa tips mengembalikan kulit rusak karena sinar matahari untuk kamu. Selalu rutin rawat kulit mu untuk tetap sehat, kencang dan awet muda. Kalau bukan kamu sendiri yang peduli, siapa lagi hehe..

 

Pabrik Maklon Kosmetik

 41 total views,  2 views today

Tinggalkan komentar