Mengenal Jenis Serum Wajah untuk Rutinitas Skincare

Jenis Serum Wajah – Halo sobat Madana, sudah menggunakan produk skincare apa aja untuk rutinitas sehari hari?. Pasti sudah tak asing dengan kata serum bukan? Namun, belum banyak orang yang menganggap kalau serum itu wajib dimiliki. Mungkin karena belum banyak yang memahai manfaat dari serum tersebut.

 

Apa itu Serum?

Serum merupakan cairan yang diinfuskan dengan bahan aktif seperti antioksidan dan peptide yang menembus ke dalam kulit untuk memelihara dan meremajakannya. Pengaplikasian cukup satu atau dua pompa untuk seluruh wajah.

 

Tektur serum yang ringan membuatnya lebih efisien untuk meresap ke dalam kulit pada tingkat yang lebih dalam dibandingkan dengan produk perawatan kulit yang tebal seperti pelembab.

 

Manfaat Serum

Serum tak hanya sekedar mengandung bahan aktif saja lho sobat, tapi juga dapat meningkatkan efisiensi produk perawatan kulit lainnya setelah mengaplikasikan serum. Ada beberapa manfaat utama serum, yaitu :

  • Melawan tanda penuaan kulit seperti kerutan dan garis-garis halus
  • Membersikan pori-pori kulit wajah
  • Membantu kulit lebih bersinar
  • Mambantu menjaga kulit tetap terhidrasi
  • Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan matahari
  • Membantu meremajakan kulit

 

Serum merupakan Langkah kelima dalam rutinitas perawatan kulit setelah pembersihan, toner, exfoliasi dan essence. Perlu diingat saat penggunaan produk perawatan kulit dimulai dari formula yang paling ringan ke yang paling tebal.

 

Berikut cara pengaplikasian serum yang benar untuk hasil maksimal :

  • Teteskan sedikit serum ke telapak tangan dan aplikasikan ke seluruh wajah.
  • Gosokkan serum ke kulit dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari secara lembut
  • Kemudian tepuk-tepuk lembut kulit wajah agar serum meresap lebih cepat. Lalu lanjutkan dengan produk perawatan kulit lainnya.

 

Oh iya sobat, Tahukah kamu kalau serum ternyata punya banyak jenisnya. Ingin tahu ada apa saja, yuk simak jenis serum wajah dibawah ini.

 

Jenis Serum Wajah

 

Serum Anti Aging

Serum anti aging ini cocok digunakan untuk orang dengan umur diatas 30 tahun lho. Pasalnya serum ini mengandung bahan kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh manusia akan berkurang. Makanya dibutuhkan tambahan kolagen untuk membuat dan menjaga kulit wajah agar kencang.

 

Serum Anti Acne

Serum anti acne juga salah satu serum best seller loh, serum ini sangat efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat. Bahkan serum anti acne juga dibutuhkan sebagai pencegahan agar jerawat tidak muncul Kembali.

 

Serum Whitening

Di kalangan anak muda tergiur mendengar kata memutihkan atau whitening. Makanya serum whitening merupakan salah satu yang paling diminati anak muda. Serum whitening ini dapat mencerahkan sekaligus memberantas kulit kusam, membuat kulit jadi lebih berkilau alami.

 

Baca Juga : Rekomendasi Produk Skincare Terlaris

 

Serum Anti Infalammatory

Jenis serum inflammatory ini mengandung bahan-bahan penenang kulit rusak seperti lidah buaya, green tea, hyaluronic acid dan bahan penenang kulit lainnya. Maka dari itu, fungsi serum inflammatory merupakan mengobati kulit yang terbakar, rusak dan iritasi.

 

Serum Moisturizing

Bisa dibilang serum moisturizing termasuk dalam serum harian, karena serum ini dipakai setiap hari sebelum menggunakan make up. Serum ini berfungsi lebih untuk melembabkan dan biasanya mengandung bahan alami seperti lidah buaya, vitamin E dan essential oil.

 

Serum Hydrating

Serum hydrating sebenarnya adalah versi upgradenya serum moisturizing lho. Serum ini juga bisa melembabkan, namun lebih kuat. Serum ini biasanya dibuat menggunakan kandungan moisturizing tinggi seperti minyak bunga mawar dan minyak argan.

 

Serum Vitamin A

Kandungan vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengembalikan kondisi kulit setelah terpapar sinar matahari hingga meratakan warna kulit. Biasanya kandungan vitamin A terdapat pula pada serum anti aging.

 

Serum Vitamin C

Serum vitamin C juga termasuk jenis serum yang paling popular. Kita semua tau kalau kandungan vitamin C sangat bagus untuk kulit, makanya orang-orang lebih memilih serum ini daripada serum vitamin A. Serum ini juga bermanfaat sebagai anti oksidan dan sintesa kolagen yang menghambat proses penuaan kulit wajah.

 

Serum yang mengandung vitamin C juga bisa berfungsi sebagai anti-radang dimana dapat mengobati kulit yang terluka karena terpapar matahari, jerawat dan sebagainya. Jika kamu punya masalah seperti pigmentasi, kulit kusam, penuaan dini, baiknya jika menggunakan serum vitamin C mulai sekarang.

 

Serum Vitamin E

Selain serum vitamin C, serum vitamin E juga termasuk jajaran serum yang paling difavoritkan lho. Bukan rahasia umum lagi kalau vitamin E sangat baik untuk kulit, terutama kulit wajah. Serum vitamin E juga mengandung anti oksidan tinggi yang dapat menunda penuaan dini.

 

Serum vitamin E dipercaya dapat menahan kelembaban alami kulit, sehingga kulit lebih lembab seharian. Kulit juga akan terlindungi dari asap kendaraan, asap rokok, paparan sinar matahari dan radiasi sehingga kulit wajah tetap cantik. Serum ini juga membantu menangkal radikal bebas, jadi kulit dapat terhindar dari bahaya kanker kulit.

 

Serum Exfoliating

Jenis serum terakhir adalah serum ecfoliating. Berbeda dengan serum sebelumnya, serum ini lebih special karena punya fungsi yang unik. Selain mengurangi kerutan, serum ini juga mampu mengangkat kotoran, memperbaiki pigmentasi serta membuat kulit wajah mulus dan lembut. Serum ini cocok untuk kamu yang jarang lulur wajah, kulit wajah kering dan pecah-pecah.

 

Sebenarnya masih ada jenis serum lainnya ya sobat, namun Madana meringkas jenis serum wajah yang paling sering dan diminati oleh ladies. Sudah paham jenis dan masing masing kegunaan serum wajah? Pilih dan gunakan sesuai kebutuhan kulit wajahmu ya sobat & aplikasikan secara hasil maksimal.

 

Jasa Maklon Kosmetik

 381 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar