7 Kandungan Bahan Aktif Mencerahkan Kulit Wajah

Bahan Aktif Mencerahkan Kulit – Kulit wajah cerah tanpa noda hitam menjadi dambaan setiap perempuan. Sobat Madana, penyebab kulit kusam ada banyak penyebabnya seperti faktor linkungan akibat paparan sinar matahari dan polusi, stress dan kelelahan atau kesalahan karena perawatan kulit lainnya. Solusi perawatan kulit kusam adalah menggunakan skincare yang memiliki kandungan pencererah.

 

Tak semua produk skincare memiliki kandungan mencerahkan lho, sobat. Kamu perlu tahu produk skincare yang punya kandungan bahan aktif yang memiliki manfaat membantu mencerahkan kulit. Pasalnya kandungan ini Wajib ada jika kamu ingin mencerahkan kulit kusam. Langsung simak aja yuk!

 

Kandungan Bahan Aktif Mencerahkan Kulit Wajah

 

Alpha Arbutin

Kandungan bahan aktif yang satu ini bekerja menghambat pembentukan melanin dengan mengurangi produksi tirosinase. Seperti yang kita tahu, melanin mempengaruhi warna kulit. Jadi semakin sedikit melanin yang diproduksi, maka kulit akan terlihat lebih cerah.

 

Alpha Arbutin ini diperoleh melalui ekstraksi daun bearberry yang memiliki antioksidan tinggi. Bahan aktif ini melindungi kulit dari penggelapan kulit akibat sinar UV dan menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

 

Vitamin C

Bahan aktif yang kedua ini sudah tidak asing di dengar lagi bukan? Yups, vitamin C sudah terkenal mampu membantu mencerahkan kulit. Vitamin C ternyata juga memiliki manfaat lain seperti menghambat pertumbuhan pigmen melanin, menangkal radikal bebas dan membantu produksi kolagen sehingga kulit jadi lebih sehat.

 

Selain itu, vitamin C juga efektif menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat yang membandel. Oiya sobat, vitamin C ini aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitive.

 

Niacinamide

Kandungan bahan aktif yang mencerahkan yang satu ini tentu sudah tidak terdengar asing di telinga kalian bukan?. Yups, niacinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3 yang dapat mengencangkan dan punya sifat anti inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan dan memperbaiki skin barrier.

 

Bahan aktif ini juga dapat membantu memperlambat proses pembentukan melanin ke lapisan terluar kulit. Selain itu Niacinamide bisa digunakan pemilik kulit yang cenderung berminyak karena dapat menghambat produksi sebum berlebih.

 

Glutathione

Glutathione menjadi salah satu bahan aktif yang dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Bahan aktif satu ini bekerja dengan menghambat produksi melamin dan mengubah produksi melanin sehingga kulit terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, Glutathione juga mampu melembabkan, sehingga cocok digunakan untuk kulit yang cenderung kering.

 

Baca Juga : Mengembalikan Kulit Rusak Karena Sinar Matahari

 

Retinol

Retinol juga dikenal sebagai vitamin A, yang memiliki kandungan anti-penuaan yang bekerja mengurangi garis-garis halus, kerutan, pori-pori besar, kerusakan akibat sinar matahari, kulit kusam dan mencerahkan kulit wajah. Bahan aktif yang satu ini dapat meregenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga, membuat kulit terasa lebih ternutrisi dan sehat. Selain itu, retinol juga mampu menjaga elastisitas, merawat jerawat dan mengecilkan pori-pori.

 

AHA / BHA

Salah satu tren bahan aktif yang membantu mencerahkan adalah Glycolic Acid (AHA) dan Salicylic Acid (BHA). Kedua bahan aktif ini bekerja sebagai peeling yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel baru. Ketika sel kulit mati terangkat, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan halus.

 

Jika kamu ingin menggunakan skincare berbahan aktif AHA atau BHA sebaiknya perhatikan bahannya juga mengandung retinol, karena beresiko menjadi mudah iritasi dan kemerahan.

 

Kojic Acid

Bahan aktif terakhir yang bisa membantu mencerahkan adalah Kojic Acid yang pertama kali diperkenalkan oleh Jepang. Kojic Acid ini terbuat dari kristal kecil yang dapat ditemukan pada suatu jenis jamur tertentu. Kandungan aktif ini bekerja dengan cara mencegah pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin. Sehingga lebih efektif mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Pasalnya bahan ini terbuat dari bahan alami, Kojic Acid aman digunakan untuk semua jenis kulit.

 

Jadi itu dia 7 kandungan bahan aktif mencerahkan kulit yang dapat mencerahkan kulit secara optimal. Jika kamu berfokus untuk memutihkan kulit wajah, pastikan terdapat salah satu dari 7 bahan aktif diatas ya sobat. Sesuaikan dengan kebutuhan skincaremu.

 

Jasa Maklon Skincare

 561 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar