Ini Dia, Cara Cek Badan POM untuk Produk Kosmetika

Halo Dears, tak sedikit produk kosmetik dan skincare yang telah beradar luas di pasaran. Namun kita tidak tahu apakah produk tersebut sudah aman digunakan atau belum dengan melihat produk apakah sudah terdaftar Badan POM. Jadi penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek BPOM secara Online.

 

Seperti yang kita tahu, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat BPOM adalah sebuat Lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai tugas dan fungsi Food and Drug Administration di Amerika Serikat dan European Medicines Agency di Uni Eropa.

 

Dalam hal ini, produk yang aman tentu akan memiliki nomor registrasi dari BPOM. Sebaliknya, produk yang belum terdaftar BPOM menjadi tidak aman digunakan dan bisa disebut produk illegal.

 

Tak sedikit produk kosmetik dan skincare illegal yang beredar di lingkup kita saat ini. Jadi perlu pertimbangan yang bijak sebelum membeli skincare ya dears. Jangan asal murah, tapi yang penting aman digunakan.

 

Ada baiknya jika kamu melakukan pengecekan setiap produk yang akan kamu beli dan gunakan meski ada BPOM sekalipun. Ini bertujuan kamu selalu waspada akan produk skincare dan kosmetik sebelum digunakan.

 

Cek Badan POM

Berikut cara cek Badan POM produk kosmetik secara online :

Cek Badan POM Melalui Laman Resmi

  • Buka laman cek bpom di https://cekbpom.pom.go.id/
  • Pada kolom cari berdasarkan, pilih nomor registrasi dan kemudian masukan nomor registrasi yang tertera dalam kemasan produk skincare yang akan dicek.
  • Klik cari dan tunggu beberapa saat hingga muncul produk terkait.

 

Cek BPOM melalui aplikasi Cek BPOM

  • Install aplikasi cek BPOM di ponsel melalui playstore atau aplikasi bawaan
  • Buka aplikasi dan kemudian masuk
  • Pada tampilan utama, klik “semua produk” dan bisa memilih produk teregistrasi, produk dibatalkan atau public warning.
  • Klik nomor registrasi dan masukkan nomor registrasi produk
  • Sistem akan menampilkan informasi produk, apakah kosmetik yang digunakan terdaftar atau tidak.

 

Jika ternyata setelah dicek produk atau nomor registrasi tidak ditemukan, bisa dicek apakah nomor yang dimasukkan sudah benar dan sesuai. Jika sudah sesuai dan tidak ketemu, berarti produk belum terdaftar dan bisa dianggap illegal ya dears.

 

Jadi tetap waspada dalam penggunaan skincare agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi kulit jangka Panjang. Cek juga untuk pabrik atau manufacture yang membuat produk kosmetik tersebut apakah terpercaya atau tidak.

 

Baca Juga : Ini Dia Syarat Maklon Kosmetik di Madana

 

Buat Produk Kosmetik & Skincare Kamu Sendiri

Jika kamu ingin memiliki produk kosmetik dan skincare dengan brand kamu sendiri, maka kami Madana Central Cosmetics cocok untuk dijadikan partner business kosmetik kamu dears. Hubungi support business kami untuk info lebih lanjut dan konsultasikan konsep produk kamu ya.

 

Proses mudah, Cepat, MOQ rendah & biaya terjangkau ya di Madana Central Cosmetics dears

 446 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar