Bolehkah Penggunaan Retinol dan Vitamin C Secara Bersamaan?

Halo dears, apakah pernah terlintas dipikiran mu untuk mendapatkan manfaat produk kosmetik dan skincare yang memiliki manfaat untuk anti-aging dan mencerahkan dari Retinol dan vitamin C sekaligus?. Namun, apakah Retinol dan Vitamin C dapat digunakan secara bersamaan?

 

Ada banyak konten beauty yang menyebutkan bahwa penggunaan Retinol dan Vitamin C tidak dapat digunakan secara bersamaan. Tapi faktanya apakah demikian?.

 

Jawabannya adalah benar, kombinasi Retinol dan Vitamin C akan meningkatkan iritasi pada kulit. Selain itu, penggunaan bahan ini secara bersamaan dapat mengurangi efektivitas kedua produk. Hal ini dikarenakan Retinol dan Vitamin C bekerja pada lingkungan dengan pH yang berbeda.

 

Retinol akan optimal bekerja pada pH tinggi antara 5,5-6 (basa) sedangkan Vitamin C diformulasikan pada pH rendah kurang dari 3,5 (asam) sehingga inilah yang menyebabkan kedua bahan aktif tersebut tidak dapat bekerja secara optimal.

 

Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu memulihkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polutan dari lingkungan lainnya. Vitamin C juga dapat membantu meringankan bitnik-bintik gelap dan menstimulun kolagen untuk mengurangi tampilan garis-garis halus.

 

Baca Juga : 7 bahan aktif  untuk Mencerahkan Kulit Wajah

 

Retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang dapat meringankan bitnik-bintik cokelat dan meningkatkan garis-garis halus dari waktu ke waktu sehingga kulit lebih peka terhadap cahaya atau Nampak lebih cerah.

 

Penggunaan retinol memang tidak bisa digunakan secara bersamaan, tapi kedua bahan aktif ini dapat melengkapi dengan penggunaan Vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

 

Vitamin C di Pagi Hari dan Retinol di Malam Hari

Lalu bagaimana bisa mendapatkan manfaat Vitamin C dan Retinol sekaligus? Cara paling mudah adalah menggunakan vitamin C di pagi hari dan retinol pada malam hari. Pasalnya vitamin c sebagai zat antioksidan yang akan mensupport kerja sunscreen. Sedangkan retinol biasa dipakai malam hari untuk menstimulun regenerasi kulit saat kamu tidur.

 

Untuk lebih aman dan stabil, pilih turunan vitamin C seperti Ascorbyl glucoside, Acorbyl trtraisopalmitate, Ethyl ascorbic acid, Magnesium ascorbyl phosphate dan Sodium ascorbyl phosphate. Skincare vitamin C yang menggunakan turunan tersebut bisa digunakan barengan retinol di skincare routine malam dan paginya menggunakan sunscreen.

 

Maklon Skincare

 451 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar