4 Alasan Penting Mengapa Legalitas BPOM untuk Kosmetik Diperlukan

Pada penghujung Januari lalu tersebar pemberitaan tentang penangkapan pembuat masker organik ilegal. Masker organik ilegal yang telah diketahui tersebut nyatanya tidak mempunyai izin kosmetik BPOM serta dibuat oleh orang yang tidak mempunyai kompetensi di bidang riset serta pengembangan produk kosmetika.

 

Mirisnya produk masker organik ilegal tersebut telah beroperasi semenjak tahun 2013 serta banyak dijual di e- commerce dan media sosial secara online.

 

Sampai saat ini, segala proses pembuatan dan bahan kimia yang digunakan oleh pembuat masker organik ilegal tersebut masih diselidiki oleh pihak kepolisian Satuan Direktorat Reserse Narkoba ( Ditresnarkoba) Polda Metro serupa dilansir dari Kompas.

 

Masalah penangkapan pembuat kosmetik ilegal di atas mungkin sangat kerap di dengar. Pelaku pembuat kosmetik ilegal seolah tak pernah kehilangan ide dalam menjual produk beresiko demi keuntungan semata.

 

Sementara itu kosmetik ilegal yang diracik oleh orang yang tak kompeten dengan bahan kimia yang abal- abal pasti sangat berisiko memunculkan kerusakan kulit penggunanya. Oleh karena itu, setiap kosmetik yang dijual dan diedarkan wajib mempunyai izin edar kosmetik dari BPOM terlebih dulu.

 

Pada artikel ini, Kamu akan mengetahui berartinya legalitas izin kosmetik BPOM dan gimana metode membangun bisnis kosmetik yang legal. Yuk, ikuti penjelasan di bawah ini.

 

Legalitas BPOM untuk Kosmetik

Seberapa Berarti Legalitas BPOM pada Produk Kosmetik?

 

Permintaan produk kosmetik di Indonesia terus melonjak dari tahun ke tahun sebab masyarakat mulai berpendapat produk kosmetik sebagai kebutuhan pokok guna mendukung penampilan. Tak hanya itu, peningkatan produk kosmetik ini didukung dengan adanya pertumbuhan teknologi yang semakin pesat.

 

Perkembangan teknologi memacu munculnya beragam produk kosmetik dan mudah ditemui serta didapatkan.

 

Namun, peredaran kosmetik yang semakin mudah ini juga wajib dibarengi dengan ketelitian konsumen dalam memilah produk kosmetik.

 

“Masyarakat dituntut untuk lebih cermat dalam memilah kosmetik berdasarkan keamanan, khasiat dan mutunya serta mempertimbangkan efek samping yang dapat timbul nantinya”, jelas Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan serta Kosmetik BPOM, Mayagustina Andarini yang dikutip dari halaman resmi BPOM.

 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas melaksanakan regulasi, standarisasi, serta sertifikasi produk makanan dan obat yang mencangkup totalitas aspek pembuatan, penjualan, pemakaian, dan keamanan makanan, obat- obatan, kosmetik, serta produk lainnya.

 

Masyarakat sebagai konsumen, harus semestinya lebih melek terkait kosmetik yang jelas legalitas dan keamanannya. Tak hanya dari segi keamanan, berikut beberapa pentingnya legalitas kosmetik BPOM yang perlu Kamu ketahui.

 

 

Jaminan Klaim Manfaat Produk Kosmetik

Mengutip PERKA BPOM Nomor. 19 Tahun 2015, klaim adalah pernyataan pada penandaan dan iklan berupa data mengenai manfaat, keamanan serta / ataupun pernyataan lain pada kosmetika.

 

Hampir segala produk kosmetik, terutama produk perawatan, mempunyai klaim manfaat yang tertera. Klaim khasiat kosmetik bisa bertujuan sebagai informasi sekaligus sebagai strategi pemasaran guna menarik konsumen untuk membeli produk.

 

Karena digunakan sebagai strategi promosi meningkatkan penjualan, dampaknya banyak ditemui klaim produk kosmetik yang berlebihan dan tidak sesuai. Kaitannya dengan klaim, izin legalitas kosmetik BPOM akan berfungsi untuk :

  • Melindungi masyarakat terhadap klaim kosmetika yang tidak objektif, tidak benar, serta menyesatkan.
  • Membagikan panduan bagi industry / pelaksana usaha di bidang kosmetika dalam menetapkan klaim kosmetika.

Sebagai pebisnis di bidang kosmetik, Kamu perlu mencermati kategori klaim yang diperbolehkan, di antara lain adalah :

  • Objektif : membagikan informasi sesuai dengan realitas, tidak boleh menyimpang dari kemanfaatan, cara pemakaian, serta keamanan kosmetika.
  • Tidak menyesatkan : membagikan informasi yang akurat serta bertanggung jawab, tidak terdapat isu- isu dalam masyarakat terkait kesehatan.

 

Perihal tersebut jadi bernilai, sebab klaim tersebut menjadi landasan untuk konsumen guna memastikan opsi kosmetik cocok sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk penuhi perihal tersebut, pelaku usaha di bidang kosmetik wajib mempunyai keahlian dalam memastikan klaim yang memenuhi 2 faktor di atas dengan memperhatikan dan memahami sifat serta fungsi kerja dari bahan- bahan yang terdapat dalam produk kosmetik.

 

 

Adanya Izin untuk Mengedarkan Produk Kosmetik

Kosmetik BPOM wajib mempunyai izin edar berbentuk notifikasi. Kenapa izin edar kosmetik BPOM ini begitu berarti?

 

Sebab perizinan kosmetik yang dikeluarkan oleh BPOM berperan sebagai upaya untuk melakukan seleksi serta pengendalian terhadap aktivitas pembuatan dan peredaran produk kosmetika yang aman.

 

Izin edar yang diberikan oleh BPOM bermaksud untuk memberikan jaminan mutu dan kualitas produk kosmetik yang diperdagangkan agar memenuhi standar keamanan, kemanfaatan dan mutu.

 

Dengan kata lain, perizinan ini memberikan kepastian hukum untuk pelaku bisnis dalam melaksanakan usahanya.

 

Baca Juga : Berapa Biaya Maklon Kosmetik di Madana

 

Produk Selalu Diawasi sebelum dan Sesudah Beredar

Selain dilakukan pengujian produk kosmetik sebelum beredar dan BPOM akan melakukan pengawasan setelah beredar.

 

Pengawasan setelah beredar bertujuan untuk melihat konsistensi kualitas produk, keamanan, serta informasi produk yang diuji dengan mengambil sampling produk yang tersebar.

 

Pengawasan selama diedarkan, BPOM umumnya akan melakukan kontrol secara berkala dengan mengambil sampel kosmetik di pasaran yang kemudian diuji di laboratorium.

 

Sampel produk yang tersebar di pasaran hendak dicocokan kembali dengan klaim pada awal registrasi BPOM. Apabila ditemukan adanya ketidakcocokan antara kandungan produk terdaftar dan produk yang sudah diedarkan, maka produk kosmetik akan ditarik dari peredaran.

 

 

Terdapatnya Jaminan Produksi telah Memenuhi Standar

Kosmetik ilegal yang tidak mempunyai izin BPOM umumnya dibuat oleh orang yang tidak mempunyai kompetensi di bidang perumusan kosmetik. Tidak hanya itu, bahan kimia yang digunakan juga tidak memiliki takaran sesuai standar BPOM.

 

Pembuatan produk kosmetik yang tidak diawasi pasti berisiko besar memunculkan dampak negatif untuk kesehatan penggunanya.

 

Maka dari itu, pentingnya untuk mendaftarkan legalitas kosmetik ke BPOM karena setiap produk akan diuji kestabilan, keamanan dan mutu sebelum diedarkan.

 

Bagaimana Cara Mengawali Bisnis Kosmetik yang Legal dan Mempunyai Izin BPOM?

Bagaimana cara untuk orang awam dalam memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri dan formulasi produk kosmetik tersebut?.

 

Kamu tak perlu khawatir, kamu bisa mempercayakan pembuatan kosmetik pada Jasa maklon kosmetik Madana. Madana menyediakan dan mendampingi kamu dalam membuat produk kosmetik dengan brand kosmetik dan personal care yang legal.

 

Madana Central Cosmetics memiliki tim Research and Development yang kompeten, andal dan berpengalaman dalam pembuatan formulasi produk kosmetik. Seluruh proses pembuatan kosmetik dilakukan di laboratorium dan pabrik yang telah memiliki standar grade A.

 

Tak hanya proses produksi, pabrik maklon kosmetik Madana memiliki pengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam menyediakan layanan untuk mengurus legalitas produk kosmetik mulai dari Hak merek dagang hingga BPOM.

 

Kami mendampingi kamu dalam segala proses mulai dari konsultasi, formulasi produk, legalitas, kemasan, produksi dan quality control hingga produk siap diedarkan.

 

Tertarik memulai bisnis kosmetik yang legal? Yuk, konsultasi dengan team support Madana untuk mendapatkan kemudahan dalam informasi agar konsep produk kamu tersampaikan secara maksimal.

 275 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar