Ini Dia Bahan Alami Produk Kosmetik Yang sering Digunakan

Produk Kecantikan di era kini semakin tumbuh dan berkembang pesat. Salah satu tren produk kecantikan adalah back to nature atau menggunakan bahan alami. Pengunaan bahan alami produk kosmetik dipercaya mampu mengatasi masalah kulit dengan lebih baik daripada bahan kimia.

 

Banyak beautypreneur yang mulai mengenalkan brand kecantikan lokal, nasional atau internasional dengan kandungan bahan alami dengan formula mereka sendiri. Tak heran jika saat ini banyak produk kosmetik dan skincare baru yang banyak dijumpai.

 

Untuk membuat produk kosmetik yang bagus, dengan formulasi yang unik, Kamu perlu menemukan informasi yang paling akurat yakni dari pabrik maklon kosmetik.

 

Jika Kamu ingin sebuat produk alami yang benar benar unik, kamu bisa konsultasi dengan Madana. Namun yang perlu kamu pahami sebelum maklon kosmetik adalah produk based yang akan kamu buat benar benar nyaman, terlepas dari manfaatnya.

 

Berikut ini beberapa Bahan Alami Produk Kosmetik yang sering digunakan :

 

1. Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Kelapa merupakan bahan makanan pokok yang banyak digunakan sehari – hari. Tapi tahukah kamu kalau minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan baku produk kosmetik. Dalam sebuah penelitian, minyak kelapa mampu melawat penyakit kronis yang ditandai dengan cacat pada fungsi penghalang epidesmis dan peradangan kulit.

 

Minyak kelapa biasa digunakan secara internal karena mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi, ditambah banyak lemak sehat yang membantu menyehatkan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

 

Berikut ini beberapa manfaat kulit minyak kelapa :

  • Memperkuat jaringan epidermis
  • Mampu menghilangkan sel kulit mati
  • Melindungi kulit dari sengatan matahari
  • Memiliki kandungan antibakteri, anti virus, anti jamur dan antioksidan

 

 

Bahan Alami Produk Kosmetik

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin A, D dan E yang menembus kulit dan memiliki manfaat dalam menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, meningkatkan produksi kolagen dan merawat bitnik-bintik penuaan.

 

Selain itu Alpukat punya manfaat untuk mengurangi peradangan kulit Ketika dioleskan atau dimakan. Alpukat sering digunakan sebagai bahan baku produk kosmetik sebagai produk perawatan kulit.

 

 

Bahan Alami Produk Kosmetik

3. Lidah Buaya (aloe Vera)

Siapa yang tak kenal tanaman yang punya berjuta manfaat ini. Lidah buaya atau dikenal aloe vera termasuk tanaman yang tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Lidah buaya biasa digunakan sebagai obat herbal karena diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk infeksi kulit, alergi, luka bakar, keringan berlebih dan lainnya.

 

Sebagai bahan baku kosmetik, lidah buaya memiliki manfaat membantu menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam, menyuburkan alis dan bulu mata, pembersih wajah serta menjaga kelembapan kulit.

 

Beberapa produk kosmetik yang dihasilkan dari lidah buaya diantaranya seperti cream, toner, facial foam, facial wash dan masih banyak lainnya. Kandungan yang ada dalam lidah buaya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C dibutuhkan oleh kulit.

 

4. Essential Oil Lemon

Lemon Sering digunakan sebagai komponen utama dalam banyak produk yang mengandung essential oil karena aroma yang menyegarkan, Lemon biasanya dipakai dalam komponen produk pembersih dan sabun di berbagai belahan dunia.

 

Selain aroma yang menyegarkan dan ceria, essential oil Lemon ternyata memiliki banyak manfaat bagi kulit dan rambut. bahan baku terlaris ini digunakan dalam berbagai cara seperti dicampurkan ke dalam produk pembersih, melengkapi rutinitas perawatan kulit di malam hari, atau ditambahkan ke dalam kondisioner.

 

Essential oil Lemon sebagai komponen produk rambut, perawatan kulit dan produk pembersih dapat menyebabkan fotosensitivitas, Hindari penggunaan Lemon pada kulit sebelum terpapar sinar matahari.

 

 

manfaat activated charcoal

5. Charcoal

Activated charcoal atau biasa disebut arang aktif adalah bahan baku alami yang kini sedang tren untuk digunakan dalam produk perawat kecantikan kulit. Jika kulit wajah sering berminyak, kandungan charcoal ini cocok untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan yang ada pada karbon mampu menyerap minyak berlebih bisa mengurangi kilap pada wajah.

 

Charcoal merupakan bahan aktif bermanfaat untuk menarik, menyerap kotoran pada wajah dan kandungan karbonnya mampu mengikat debu, kotoran, bakteri, racun, dan zat kimia yang ada pada permukaan kulit. Bahan alami yang satu ini juga mampu mengecilkan pori-pori bila digunakan secara rutin sebagai masker. Material ini juga digunakan untuk mencegah keriput pada wajah dan mengangkat sel kulit mati.

 

Baca Juga : Beragam Manfaat Activated Charcoal Bagi Kecantikan & Kesehatan Tubuh

 

6. Teh Hijau

Teh Hijau atau biasa dikenal dengan sebutan Green tea populer ditelinga dan sering digunakan sebagai bahan makanan. Green tea dulu sangat populer di China sebagai obat untuk segala macam penyakit, mulai dari sakit kepala hingga depresi. Masyarakat China kuno percaya segala penyakit bisa disembuhkan menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung beragam kandungan seperti antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium dan potasium yang ternyata juga punya manfaat yang baik untuk kecantikan kulit.

 

Kandungan Antioksidan pada green tea ternyata mampu mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di area mata. Zat antioksidan tersebut menyusutkan pembuluh darah dibawah kulit di sekitar mata yang menyebabkan timbulnya mata bengkak. Vitamin K pada green tea juga mampu meringankan lingkaran hitam di bawah mata.

 

Kandungan zat anti bakteri bernama catechins dalam green tea, mampu menghalau timbulnya bakteri penyebab jerawat. Catechuns juga bisa menstabilkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

 

Berdasarkan hasil yang dipublikasikan di Journal of Investigative Dermatology, menyatakan bahwa senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ada pada green tea bisa mengatasi jerawat dengan cara menghambat bakteri Cutibacterium acnes.

 

Selain mengatasi jerawat, Green Tea juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit dari sinar UV, mengecilkan pori-pori, membuat wajah tampak lebih cerah dan mengatasi kulit kering di area mata.

 

7. Chamomile

Hanya ada dua jenis bunga chamomile di dunia yakni chamomile asal Jerman dan Roma. Meski berbeda asal negara, namun keduanya tetap memiliki manfaat yang sama besar untuk kulit.

 

Chamomile memiliki berbagai kandungan bahan bioaktif utama yang terkenal memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menembus lapisan kulit terdalam.

 

Manfaat lain yang ada dalam bunga chamomile juga dipercaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit, dan menyamarkan lingkar hitam di area mata. Bunga chamomile sering digunakan sebagai komposisi produk kosmetik seperti toner.

 

8. Jojoba Oil

Jojoba oil atau minyak jojoba adalah minyak alami dari biji tumbuhan herbal parenial buxaceae yang disebut Jojoba yang telah diekstrak. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah gurun karena tahan terhadap panas dan dapat menyimpan air walaupun berada di tengah kerasnya gurun.

 

Jojoba oil sering digunakan sebagai produk kecantikan karena memiliki manfaat untuk perawatan rambut, luka terbakar, jerawat, dan lain sebagainya. Kandungan Jojoba oil memang tidak berbahaya bagi tubuh, namun akan sia-sia jika dikonsumsi karena tidak bisa dicerna oleh tubuh. Penggunaan untuk perawatan luar tubuh seperti rambut dan kulit merupakan penggunaan yang tepat.

 

Minyak jojoba termasuk yang paling aman dengan tingkat alergi sangat rendah dan Wax Ester dalam jojoba oil memiliki karakteristik yang sama dengan struktur kompisisi kulit manusia sehingga dapat dipastikan aman bagi kulit.

 

9. Almond Oil

Almond Oil merupakan salah satu jenis essential oil dari hasil ekstrak kacang almond melalui proses distilasi dan memiliki manfaat penting dalam perawatan kulit. Almond Oil memiliki kandungan seperti vitamin E, monounsaturated fatty acids, protein, potassium, dan beragam mineral serta vitamin lainnya. Kandungan tersebut berpengaruh positif untuk kulit. Inilah alasan kenapa Almond Oil banyak digunakan dalam produk kosmetik dan skincare.

 

Manfaat lain dari almond oil adalah meredakan inflamasi. Almond oil dipercaya mampu mengatasi masalah peradangan pada kulit. Peradangan ini tak hanya terjadi pada kulit yang berjerawat saja, namun juga terjadi pada kondisi kulit yang mengalami eczema, psoriasis, atau rosacea. Oil ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi reaksi alergi pada kulit. Kamu dapat merasakan manfaat dari minyak ini dengan cara diaplikasikan secara topikal atau dengan cara dikonsumsi.

 

10. Saffron

Saffron merupakan salah satu dari sekian jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai komposisi produk kecantikan kulit. Saffron berasal dari bunga Crocus Sativus yang berasal dari daerah barat daya yang memiliki banyak hujan di musim semi dan relative kering di musim panas.

 

Selain sebagai bumbu dan obat tradisional, saffron juga bermanfaat untuk merawat Kesehatan dan kecantikan kulit. Saffron biasanya digunakan sebagai untuk pembuatan toner, masker wajah, serum dan lain sebagainya.

 

Sebagai bahan alami produk kosmetik, Saffron punya manfaat penting seperti mencerahkan kulit kusam, mengatasi bekas jerawat dan mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata.

 

Itulah 10 bahan alami produk kosmetik yang telah madana ringkas sebaik mungkin untuk Kamu pahami. Sebenarnya ada begitu banyak bahan baku alami lain seperti Madu, Sea Salt, buttler dan masih banyak yang lainnya. Hubungi Madana untuk menanyakan maklon kosmetik dengan permintaan dan formulasi produk yang kamu inginkan.

 

Semoga bermanfaat

 446 total views,  1 views today

Tinggalkan komentar